Gunakan Helikopter, BPBD Kalsel Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir di Tabalong

0

BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tabalong mendapat bantuan logistik berupa sembako dan satu unit mesin domping dari BPBD Provinsi Kalsel untuk korban banjir di Bumi Sarabakawa.

BANTUAN ini diantar melalui jalur udara menggunakan helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Helikopter mendarat di Stadion Pembataan, Murung Pudak. Senin (8/2/2021).

Pendaratan helikopter milik BNPB ini sontak membuat warga sekitar stadion juga berdatangan.

Kepala BPBD Kabupaten Tabalong, Zainuddin, mengatakan bantuan sembako dari BPBD Provinsi Kalsel ini berupa 50 dus mie instan dan 10 dus air mineral serta satu mesin domping penyedot air dan tiga selang.

“Bantuan BPBD ini diperuntukkan untuk korban banjir dan mengantisipasi kejadian banjir, dan untuk sembako sementara kita simpan digudang BPBD Tabalong, sebagai stok kalau ada kejadian bencana nantinya,” ujarnya.

Mesin domping yang baru dibantu BPBD ini kapasitasnya lebih besar dari mesin domping yang dimiliki BPBD Tabalong.

“Mesin ini nanti akan kita gunakan untuk menangani wilayah yang sering terendam banjir seperti pemukiman Maluyung,” ungkapnya.

Untuk daerah Tabalong sendiri ada beberapa wilayah yang jika terjadi hujan dengan kapasitas besar akan terjadi banjir dadakan seperti pemukiman Maluyung dan Ujung Murung.

Dengan adanya mesin domping dengan kapasitas besar ini diharapkan akan sangat membantu BPBD Tabalong dalam menangani banjir. (jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.