Tinjau Lokasi Banjir Teluk Selong-Pekauman, Gubernur Sahbirin Ingin Normalisasi Sungai Martapura

0

GUBERNUR Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, bersama jajaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalsel meninjau lokasi banjir di Kabupaten Banjar, Selasa (29/12/2020).

TINJAUAN lokasi banjir dimulai dari Desa Teluk Selong Ulu, Kecamatan Martapura Barat, sampai Desa Pekauman, Kecamatan Martapura Timur dengan berjalan kaki.

Sahbirin dalam kunjungan tersebut melihat langsung kondisi rumah warga yang terdampak dan berharap dengan segera dilakukan penanganan.

“Kita segera memberikan bantuan, terutama lokasi pengungsian dan dapur umum,” harap Sahbirin.

Koordinasi untuk lokasi dapur umum juga langsung dilakukan kepada Pelaksana Tugas Kepala BPBD Provinsi Kalimantan Selatan, Mujiyat. 

Kemudian dampak lainnya, sebagian masyarakat yang rumahnya terendam melakukan pengungsian di sekolah dan rumah keluarga lainnya, sehingga keamanan rumah juga jadi aspirasi yang diterima.

“Kita mengingatkan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati jika rumahnya kosong, begitu juga bagi anak-anak yang bermain air apalagi yang tidak bisa berenang agar tetap dalam pengawasan orang tua,” tambah Sahbirin.

Banjir di beberapa daerah di Kabupaten Banjar ini diduga disebabkan oleh tingginya debit air sungai Martaputa sehingga merembes ke kediaman warga, ketinggian air yang merendam pemukiman antara 30 sampai 50 centimeter.

Melihat musibah ini Sahbirin lantas memiliki hajat untuk melakukan normalisasi sungai Martapura.

“Rencana pengerukan sungai Martapura ini sudah lama ingin dilakukan, mudah-mudahan ada saatnya. Kita juga lakukan kajian-kajian serta pemetaan daerah rawan banjir dengan melibatkan instansi terkait,” ujarnya. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Donny

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.