Amankan Pilkada Balangan, Ratusan Personil Kepolisian Diturunkan

0

WAKAPOLRES Balangan, Kompol H Tukiman, didampingi Pamatwil Polda Kalsel serta jajaran kapolsek menggelar apel pergeseran pasukan sebanyak 325 personil untuk mengamankan jalannya Pilkada 2020.

“PERGUNAKAN peralatan pelindung diri dan kelengkapan pendukung yang sudah dibekalkan dengan baik, sehingga komunikasi berjalan lancar, tidak kalah penting adalah memperhatikan kesehatan dengan menerapkan 3 M,” tegas Kompol H Tukiman sembari menyebut untuk mendokumentasikan kejadian yang menonjol dan melaporkan kepada pimpinan.

Dari 325 personil yang digeser melakukan pengamanan Pilkada terbagi menjadi 3 bagian. 212 personel untuk pengamanan di TPS, 60 personel dipersiapkan untuk pengendalian massa dan patroli rutin ke seluruh kecamatan sekabupaten Balangan dan 53 personel membantu operasional Polres Balangan agar berjalan seperti biasanya.

Sebelumnya, lebih dari 700 petugas sempat dinyatakan reaktif saat melaksanakan rapid test tersebut. Lantas mereka pun diarahkan untuk karantina secara mandiri di bawah pengawasan tenaga medis dari Dinkes Balangan.

Perihal lanjutan kondisi para penyelenggara Pilkada yang reaktif, Ketua KPU Balangan, Saripani menerangkan, sejauh ini tidak ada penambahan atau keluhan gejala Covid 19 yang dilaporkan.

“Tidak ada keluhan. Sepertinya mereka baik-baik saja. Terlebih Dinas Kesehatan selalu mengawasi,” ucap Saripani.

Ia mengatakan, apabila kondisi para penyelenggara Pilkada tidak ada yang bertambah parah atau mengalami gejala Covid 19, maka  petugas tetap bisa melaksanakan tugas mereka.

Pihaknya pun optimis petugas penyelenggara Pilkada baik tingkat kecamatan bahkan hingga desa dalam keadaan sehat. Bebas dari Covid 19. Sehingga dapat bertugas secara menyeluruh.

Meski begitu, apabila ada yang sakit, maka sebagaimana peraturan yang ditetapkan KPU, tidak ada pergantian petugas.

Saripani mencontohkan, dari tujuh KPPS yang ada pada tiap TPS, apabila sakit satu atau dua orang, maka yang bekerja cukup lima orang. Namun jika tersisa empat petugas, maka akan menarik KPPS dari TPS lain.

“Semua petugas agar menjaga kesehatan dan mentaati protokol kesehatan yang berlaku. Utamanya menjaga jarak dan menggunakan APD saat Pilkada berlangsung,’’ himbaunya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.