KPH Balangan Serahkan Batuan Dua Ribu Bibit Pohon Kepada Warga

0

KESATUAN Pengelolaan Hutan (KPH) Balangan memberikan bantuan dua ribu bibit pohon untuk warga guna ditanam kembali.

PENYERAHAN dua ribu bibit pohon jenis sengon ini secara langsung diserahkan oleh petugas KPH Balangan kepada warga, Samsul Arifin, Rabu (2/12/2020).

Kepala Seksi (Kasi) Perlindungan Hutan KPH Balangan, M Emir Faisal menyampaikan, pihaknya mengapresiasi semua pihak yang turut serta dalam pelestarian hutan, termasuk masyarakat yang secara sukarela melakukan penanaman pohon diatas lahan pribadi mereka.

“Kami selalu mendukung kegiatan masyarakat terkait penanaman pohon, salah satunya adalah menyediakan bibit pohon gratis,” bebernya.

BACA : Lima Kelompok Hutan Sosial Di Balangan Terima Izin Kelola

Bagi masyarakat yang ingin bibit pohon secara gratis, menurut Emir, bisa meminta ke pihaknya dengan syarat  foto copy KTP dan surat permohonan.

Untuk permintaan kelompok, pemohon harus membuat surat permohonan disertakan dengan sketsa lokasi tanam, calon lokasi tanam dan titik koordinat calon lokasi tanam. “Ini kami lakukan supaya kami bisa menyesuaikan kebutuhan tanamannya,” bebernya.

Dikesempatan yang sama, penerima bibit pohon, H Samsul Arifin menyampaikan, jika bibit yang diterimanya ini akan ditanam dilahan miliknya pribadi.

“Rencana akan saya tanam dilahan seluas dua hektar lebih,” ujar warga Desa Teluk Masjid Kecamatan Batumandi ini.

Dirinya, kata Samsul, tertarik menanam pohon sengon karena bernilai ekonomi tinggi, bahkan lebih dibandingkan dengan tanaman karet.

“Saya punya beberapa kenalan yang berhasil menanam sengon ini, makanya saya mencobanya. Mudaha-mudahan ini berhasil dan menjadi contoh baik bagi warga lainnya, serta membuka wawasan jika pengelolaan tanaman hutan juga bernilai ekonomi tinggi,” harapannya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.