Tak Hanya Terima DIPA-TKDD 2021, Pemkab HSU Raih WTP Lima Kali Berturut-turut

0

PEMKAB Hulu Sungai Utara (HSU) kembali menerima penghargaan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Kalimantan Selatan untuk kelima kalinya.

KEBERHASILAN pemerintah daerah yang dipimpin Bupati HSU H Abdul Wahid HK ini karena dinilai memenuhi standar akuntasi pemerintahan dalam menyusun menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun anggaran 2019.

Penyerahan penghargaan ini langsung diberikan Plt Gubernur Kalsel Rudy Resnawan didampingi Plt Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan Dedi Sopandi, kepada Bupati HSU Abdul Wahid di Gedung KH DR Idham Chalid Banjarbaru, Selasa (1/12/2020)

Pada penyerahan penghargaan opini WTP, juga diserahkan Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) serta Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun anggaran 2021.

BACA : Jalin Tali Silaturahmi Antar Pemkab, Bupati HSU Bertandang ke Barito Utara

Plt Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan, Dedi Sopandi dalam sambutannya mengatakan penyerahan DIPA dan TKDD tahun 2021 ini dilaksanakan lebih awal agar menjadi momentum perbaikan setelah masuknya pandemi Covid-19 di tahun 2020.

“Fokus target APBN tahun 2021 lebih mengedepankan penanganan kesehatan, perlindungan sosial, program pemulihan ekonomi, serta membangun pondasi yang lebih kuat dalam melakukan reformasi structural,” ujar Dedi Sopandi.

Ia berharap DIPA dan TKDD tahun 2021 dapat segera ditindaklanjuti sehingga realisasi anggaran dapat dilaksanakan.

Sementara itu, Bupati HSU H Abdul Wahid mengaku bersyukur pihaknya mendapat DIPA dan TKDD sebesar Rp 943.986.688.000 dari total yang diserahkan ke Provinsi Kalsel.

BACA JUGA : Kapolda Bersama Bupati HSU Kunjungi Kampung Tangguh Banyu Hirang

Wahid menyatakan kesiapannya menindaklanjuti realisasi pelaksanaan anggaran di tahun 2021 sesuai arahan Presiden RI dan Plt Gubernur Kalimantan Selatan.

“Saya jujga bangga HSU kembali meraih penghargaan opini WPT yang kelima kali berturut-turut,” ucapnya.

Mantan Ketua DPRD HSU ini mengatakan hal itu menunjukkan akuntabilitas kinerja dan penggunaan anggaran yang dilaksanakan di Pemkab HSU dapat dipertanggungjawabkan.

“Apa yang dianggarkan benar-benar termanfaatkan sebaik-baiknya untuk kepentingan masyarakat dan pembangunan di Kabupaten HSU. Ini juga menunjukkan sinergitas yang baik antara pemerintah daerah, DPRD HSU dan masyarakat dalam mewujudkan apa yang menjadi harapan kita bersama. Untuk itu, kami ucapkan terimakasih,” papar Wahid.(jejakrekam)

Penulis Muhammad
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.