Perluas Lahan Pertanian, Barito Utara Siap Jalankan Program Food Estate

0

TARGET mencapai swasembada pangan ditopang ketersediaan lahan cukup luas dan jaringan irigiasi terus digenjot Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito utara.

MELALUI Dinas Pertanian Kabupaten Barito Utara, terus dijalankan program membangun luasan lahan, baik padi, jagung dan tanaman lain. 

Hal ini terlihat di wilayah Desa Trahean, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara. Selain, padi sawah juga dikembangkan tanaman bawang merah. Selain itu, ada peternakan sapi yang dipelihara melalui kelompok tani.  

Plt Gubernur Kalimantan Tengah, Habib Said Ismail didampingi Bupati H Nadalsyah dan Wakil Bupati Sugianto Panala Putra, serta unsur Forkopimda meninjau lahan tersebut, Rabu (21/10/2020).

Habib Said Ismail sangat kagum dengan keberadaan petani di wilayah Barito Utara, karena selain padi sawah, ladang, jagung juga ada tanaman bawang merah dan peternakan. 

BACA : Dukung Program Food Estate, Bank Kalsel Gelar Panen Raya Padi di Tabalong

Menurutnya, pemerintahan Jokowi  sekarang sedang melaksanakan program nasional tanaman pangan. Salah satunya, ada kegiatan food estate di seluruh Indonesia, termasuk di Kalimantan Tengah dan Barito Utara, sudah merealisasikan hal itu.

Dikatakan Wagub Kalteng ini, pemerintah dalam melaksanakan program selain memberikan arahan dan bimbingan juga memberikan bantuan, baik bibit, pupuk juga peralatan pertanian. 

“Dalam melakanakan program selain bimbingan kepada para petani juga program bantuan,  agar nanti hasilnya lebih baik dan mengangkat derajat para petani kita, “kata Ketua DPW PKB Kalteng ini. 

Dalam kesempatan itu, Plt Gubernur Kalteng ini juga menyerahkan bantuan pada kelompok tani di Transbangdep. 

BACA JUGA : Bank Kalsel Siap Bersinergi Dengan Pemda Dukung Ketahanan Pangan Nasional

Bupati Barito Utara Nadalsyah menyampaikan banyak terimakasih kepada Pemprov Kalteng atas dukungannya selama ini, khususnya dalam bidang pertanian. 

“Apalagi, dengan dicanangkannya wilayah Barito Utara menjadi program food estate pada tahun berikutnya, program ini nantinya sangat membantu petani serta meningkatkan pendapatan para petani,” tuturnya.

Untuk diketahui, food estate merupakan pengalihan dari semua kegiatan pertanian tradisional menjadi pertanian modern yang dicanangkan pemerintahan Jokowi di Kalteng.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.