Dukung Program Food Estate, Bank Kalsel Gelar Panen Raya Padi di Tabalong

0

SEBAGAI bentuk upaya mendukung program ketahanan pangan daerah dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, Bank Kalsel menjalin sinergi dengan pemerintah adakan Panen Padi IF16 di Desa Nalui, Kecamatan Jaro, Kabupaten Tabalong, Kamis (8/10/2020).

PANEN
padi IF16 merupakan rangkaian acara dari Gathering Bank Kalsel bersama Petani di Kecamatan Jaro, yang mana panen ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Tabalong, Anang Syakhfiani; Ketua DPRD Kabupaten Tabalong, Mustafa; Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Tabalong, Sumiati; Direktur Utama Bank Kalsel, Agus Syabarrudin; Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tabalong, Hj Syarifah Syifa Anang Syakhfiani; dan Camat Jaro, Suwandi; Turut hadir, Cecep Sadikin, selaku praktisi pertanian dan pembina petani di Desa Nalui; Kepala Bank Kalsel Kantor Cabang Tanjung, Akhmad Riadi; dan Kepala Desa Nalui serta para undangan.

Panen padi IF16 merupakan wujud dukungan Bank Kalsel dalam meningkatkan kualitas padi di wilayah Kabupaten Tabalong. Berkolaborasi dengan Cecep Sadikin, Bank Kalsel mengupayakan pengadaan bibit varietas padi unggul IF16.

BACA : Dukung Sektor Pertanian, Bank Kalsel Bersinergi Dengan Petani Di Jaro

Penggunaan bibit IF16 dalam satu hektar tanah, nyatanya dapat menghasilkan 18 Ton Gabah Benih Panen, yang mana hal ini merupakan pencapaian luar biasa. Dengan bibit IF16 dan pengolahan tanah yang baik tentu akan lebih memaksimalkan lahan di Kecamatan Jaro.

“Dengan potensi tersebut, tentu Kabupaten Tabalong dapat menjadi lumbung padi berskala daerah maupun nasional,” ungkap Agus.

Seperti yang diketahui bersama, Kecamatan Jaro juga berbatasan langsung dengan ibukota Indonesia yang baru, hal ini akan membuat Kecamatan Jaro menjadi penyangga kebutuhan pangan di wilayah tersebut.

“Secara langsung alam berbatasan dengan ibukota Indonesia langsung, tidak menutup kemungkinan menjadi penyangga pangan,” tambahnya.

Agus menambahkan bahwa Bank Kalsel mendukung secara penuh program ketahanan pangan milik Pemerintah Pusat maupun Pemprov Kalsel dan acara ini merupakan wujud dari komitmen dukungan tersebut.

“Kita akan dukung sepenuhnya dengan program program dari perusahaan pusat maupun daerah,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.