Didominasi Perempuan, KPU Tetapkan 448.175 Pemilih Tetap Banjarmasin

0 76

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menetapkan sebanyak 448.175 daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Kepala Daerah di ibukota Kalsel pada 9 Desember mendatang.

HASIL itu diketahui setelah KPU menggelar rapat pleno terbuka bersama stakeholder terkait, di Hotel G’Sign Banjarmasin pada Kamis (15/10/2020).

Dibandingkan pada rapat pleno daftar pemilih sementara (DPS) pada 9 September lalu, di jumlah DPT kali ini mengalami peningkatan sekitar seribu orang. Atau 1.090 jiwa dari DPS sebelumnya.

“Peningkatan jumlah itu sudah sesuai mekanisme yang dilakukan. Yakni uji publik dan keaktifan masyarakat melaporkan diri jika belum terdaftar,” kata Ketua KPU Banjarmasin, Rahmiyati Wahdah.

BACA : Total Pemilih Sementara Pilgub Kalsel Menurun Dibanding DPT Pemilu 2019

Di satu sisi, jumlah DPT di Pilkada 2020 ini mengalami penambahan cukup jauh dibanding total DPT di tahun lalu. Hal ini berkaca pada Pemilu 2019 silam.

Lantas, apakah jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Banjarmasin akan berubah dari rencana awal sebanyak 1.199 buah?

Rahmiyati menegaskan tidak mengalami penambahan. Sebab, dalam satu TPS mampu menampung maksimal 500 pemilih. “Untuk TPS jumlahnya tetap yakni sebanyak 1.199, dan kapasitas tiap TPS maksimal 500,” ujarnya.

BACA JUGA : Pemilih Sementara Pilgub Kalsel Capai 2,7 Juta Lebih, Ini Rinciannya!

Berdasar data pihak penyelenggara pilkada dari jumlah DPT yang ada, sebanyak  219.336 berjenis kelamin perempuan, sedangkan 228.821 dari laki-laki.

Kata Rahmi, mereka yang sudah terdaftar di DPT ini nanti akan diusulkan untuk jumlah surat suara yang akan dicetak.“Jadi memang untuk DPT ini yang lebih banyak adalah perempuan,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.