Tanah Alami Abrasi, Rumah Milik Aliansyah Ambrol ke Sungai

0

SATU rumah ambruk di Jalan Antasan Bondan, Teluk Mendung RT 17 RW 01 Kelurahan Mantuil, Banjarmasin Selatan. Diduga akibat abrasi tanah, sehingga bagian rumah pun roboh pada Selasa (22/9/2020) sekitar pukul 16.03 Wita.

DARI keterangan pemilik rumah, Aliansyah (55 tahun) mengungkap dirinya tidak mengetahui awal musibah ambrolnya tanah yang jadi pondasi rumahnya.

“Memang, bangunan rumah ini berada di bantaran sungai. Sehingga, ketika bagian tanah ambrol, rumah pun amblas ke sungai,” ucap Aliansyah kepada jejakrekam.com, Selasa (22/9/2020).

Usai kejadian, puluhan warga dan relawan rescue gabungan pun berdatangan ke lokasi untuk membantu korban. Relawan Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarmasin, Hanafi mengungkapkan rumah itu ambrol, gara-gara tanah longsor ke sungai.

BACA : Kebakaran di Swadaya Tani Alalak Selatan, Satu Buah Rumah Hangus

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Banjarmasin HM Hilmi menjelaskan gara-gara abrasi tanah, satu rumah di Jalan Antasan Bondan Teluk Mendung, amblas ke sungai.

“Seluruh bagian rumah amblas ke sungai. Penyebabnya, abrasi tanah dan pondasi bangunan patah. Hingga, rumah itu rusak 100 persen,” tutur Hilmi.

Akibatnya, satu kepala keluarga (KK) dengan lima jiwa kehilangan tempat tinggal. Sementara, pemilik rumah Aliansyah mengalami luka robek di bagian kepala dengan 12 jahitan.

“Untuk total kerugian ditaksir sekitar Rp 75 juta. Kami sudah mendata jumlah korban dan memberi bantuan jenis barang serta berkoordinasi dengan instansi terkait,” kata Hilmi.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.