Ibnu-Arifin-Calon

Komisi II DPRD Kalsel Dorong Produktivitas Beras Kalsel Bisa Capai Surplus 1 Juta Ton

0 62

KOMISI II DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) berharap pemerintah daerah terus mendorong produktivitas pertanian, khususnya meningkatkan pasokan beras sebagai komoditas utama pangan warga.

Dengan begitu, selain konstan memenuhi kebutuhan daerah juga terus memperkuat ketahanan pangan nasional hingga mendongkrak pendapatan daerah.

“Untuk beras saat ini Kalsel surplus 700 ribu ton. Tapi ke depan harus bisa 1 juta ton,” ujar Ketua Komisi II DPRD Kalsel, Imam Suprastowo, Rabu (16/9/2020).

Maka dari itu, komisi membidangi ekonomi dan keuangan ini terus berupaya mendorong kinerja dinas pertanian, peternakan, perkebunan melalui regulasi maupun kebijakan alokasi anggaran yan dibutuhkan dinas untuk mendorong para petani di Kalsel.

Selain mendorong para petani, Imam juga berkata Komisi II juga terus melakukan koordinasi bersama sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD) seperti Bank Kalsel dan PT Jamkrida untuk dalam kaitan kemudahan kredit dan jaminan.

BACA JUGA: Wabup Berry Nahdian Forqan Sebut Produksi Beras HST Berlebihan

Selain itu juga mendorong PT Bangun Banua, melakukan peran ekspansif ke berbagai bisnis, seperti ternak sapi potong, padi dan beras serta perikanan.

Untuk PT Bangun Banua, sebut Imam Suprastowo, sudah ada penjajakan  baik di Surabaya, DKI Jakarta dan Sulawesi Selatan, terkait  pengembangan usaha di bidang pangan ini.

BACA JUGA: Memasuki Masa Panen, Bulog Divre Kalsel Kesulitan Serap Beras Lokal

Begitu pula, di Kalsel sudah ada MoU Sekretariat Nasional (Seknas) Badan Usaha Milik Petani (BUMP) dengan PT Bangun Banua untuk pengadaan sapi potong.

Adanya dorongan DPRD Kalsel terkait pengembangan bisnis, Direktur Operasional PT Bangun Banua, Khairil Anwar, membenarkan pihaknya sudah menindaklanjuti sejumlah rencana perluasan bisnis, selain property, dan tambang galian C, juga sektor pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

“Kita terus berupaya untuk meraih peluang dan potensi usaha mulai 2020 ini. Kami juga terus berharap sokongan DPRD dan stakeholder lainnya untuk terus maju,” pungkas Khairil Anwar. (jejakrekam)

Penulis Ipik Gandamana
Editor Ahmad Riyadi
-  I K L A N  -

- I K L A N -

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.