Gelar Apel Siaga, Polda Kalsel Siap Tanggulangi Karhutla

0

MENGHADAPI musim kemarau dan mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan (Polda Kalsel) menggelar Apel Siaga Kebakaran Hutan dan Lahan dengan sandi “Karhutla Intan 2020”.

APEL Siaga dalam rangka memaksimalkan pencegahan terhadap kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tersebut berlangsung di Lapangan Polri Km 21, Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (3/8/2020).

Kapolda Kalsel Irjen Pol Nico Afinta, langsung bertindak sebagai inspektur upacara dan dihadiri para personil Polda Kalsel serta Pejabat Utama, Kapolda berharap semua elemen dapat menyatukan tekad agar saling bahu membahu dalam mengendalikan Karhutla di Provinsi Kalsel.

BACA : Cegah Karhutla, TNI-Polri Dan Pemda Gelar Apel Kesiapsiagaan

“Apel pagi ini merupakan bentuk tindakan dalam kesiapsiagaan kita dalam menanggulangi bencana Karhutla,” ucapnya.

Dikatakan Kapolda Kalsel, saat ini diseluruh dunia termasuk Indonesia masih menghadapi wabah Virus Corona atau Covid-19, dan memasuki musim kemarau, sejumlah wilayah di Indonesia khususnya di Provinsi Kalsel akan menghadapi bencana Karhutla.

Hal ini merupakan rangkaian peristiwa yang mengancam dan dapat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat, yang disebabkan oleh faktor alam maupun ulah manusia, hal itu dapat mengakibatkan korban jiwa kerusakan lingkungan kerugian harta benda dan dampak psikologis.

BACA JUGA : Cegah Karhutla, Anggota Polda Kalsel Diwajibkan Instal Aplikasi Bekantan Dan Lancang Kuning

“Kami siap bersinergi dengan semua elemen. Kebakaran hutan dan lahan tidak hanya tanggung jawab Polri maupun TNI dan Pemerintah Daerah semata, namun juga tanggung jawab bersama seluruh stakeholder,” kata Nico

Kapolda Kalsel menegaskan, ratusan personil Polri beserta sarana dan prasarana dikerahkan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di Bumi Lambung Mangkurat, jumlah tersebut pastinya akan bertambah lagi dengan adanya personil TNI, Pemda dan Relawan Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang ada di daerah ini

Setelah melaksanakan apel, Kapolda dan rombongan meninjau saluran air yang berada di Cindai Alus, Kabupaten Banjar dan Guntung Damar, Banjarbaru.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.