Belum Hijau Semua, Disdik Banjarmasin Belum Izinkan Belajar Tatap Muka di Sekolah

0

ENAM kelurahan di Kota Banjarmasin saat ini sudah ditetapkan berstatus zona hijau Covid-19. Yakni Kertak Baru Ulu, Kertak Baru Ilir, Mawar, Alalak Tengah, Kelayan Luar, dan Kelurahan Belitung Utara.

MESKI begitu, Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Banjarmasin masih belum memperbolehkan sekolah tatap muka digelar.

Alasannya sederhana. Sebab, saat ini ditetapkan zona hijau hanya 6 dari 52 kelurahan yang ada di Banjarmasin. Kondisi tersebut belum bisa membuat ibukota Kalimantan Selatan ini dikatakan sudah aman dari penularan virus Corona.

“Untuk saat ini, masih tidak memperbolehkan tatap muka. Karena kan Banjarmasin secara keseluruhan masih belum hijau,” ucap Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Totok Agus Daryanto kepada awak media, Rabu (22/7/2020).

BACA : Proses Belajar Tatap Muka Direncanakan Oktober, Ini Syaratnya!

Alasan kedua, Totok mengungkapkan bahwa tidak semua murid yang ada di sekolah zona hijau tersebut berasal merupakan penduduk setempat. Bahkan, satu kelurahan dengan kelurahan lainnya seakan tidak ada batasan.

“Murid yang berada di sekolah sana tidak pasti semuanya berasal dari kelurahan itu. Kan beda-beda,” ujarnya.

Totok mengatakan, pihaknya harus menunggu rekomendasi dan persetujuan oleh tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 setempat bila ingin menggelar sekolah tatap muka.

BACA JUGA : Ketua IDI Kalsel Beri Tips Agar Siswa Tetap Sehat Saat Belajar Daring

Selain itu, papar Totok, Pemkot Banjarmasin harus menyesuaikan kebijakan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel dan pemerintah pusat. Mengingat Pemprov Kalsel belum lama tadi mengeluarkan surat edaran kepada seluruh sekolah di Banua untuk tidak menggelar belajar tatap muka.

Kendati begitu, menurut Totok, ada berbagai kemungkinan terhadap sejumlah sekolah di Banjarmasin untuk menggelar belajar tatap muka. Bahkan, Totok mengatakan rencana yang sebelumnya pada Oktober 2020 mendatang bisa saja dilaksanakan.

BACA JUGA : DPRD Usulkan Paket Internet Gratis Guna Menunjang Pembelajaran Online

“Bila dalam tiga bulan mendatang, kondisi Banjarmasin persentase hijaunya sudah banyak. Bukan tidak mungkin kita laksanakan. Tetapi sekali lagi, kita harus tunggu rekomendasi dari gugus tugas,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.