Terkorting TMS, Bapaslon Independen Khairul-Habib Ali Harus Serahkan Dua Kali Lipat

0

HASIL rapat pleno rekapitulasi syarat dukungan ditetapkan KPU Kota Banjarmasin terhadap bakal pasangan calon (bapaslon) Walikota-Wakil Walikota Banjarmasin Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Al-Habsyi hanya menyerahkan sebanyak 35.443 fotokopi e-KTP.

JUMLAH tersebut masih di bawah minimal syarat dukungan 38.003 e-KTP yang ditetapkan oleh KPU Kota Banjarmasin untuk memastikan bapaslon maju sebagai calon petarung politik di ibukota Kalsel.

Padahal, sebelumnya pasangan ini mengklaim jumlah syarat dukungan sebanyak 40.879 berkas yang diserahkan ke KPU Banjarmasin. Artinya, ada sebanyak 5.446 syarat dukung yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Meski begitu, Ketua KPU Kota Banjarmasin Rahmiyati Wahdah mengatakan, hasil tersebut masih belum final. Sebab, pasangan Khairul-Habib masih diperboleh untuk melakukan perbaikan data syarat dukungan.

BACA : Ada Calon Independen di Semua Pilkada Kabupaten dan Kota se-Kalsel

“Untuk sementara masih belum memenuhi. Artinya itu di bawah syarat dukungan 38.003 berkas. Mereka harus memenuhi jumlah kekurangan sebanyak 2.570 yang dikalikan dua,” ucap Rahmiyati Wahdah usai memimpin rapat pleno KPU Kota Banjarmasin di Hotel G’Sign Banjarmasin, Senin (20/7/2020).

Namun, Rahmi mengingatkan bahwa pada saat perbaikan nanti, pasangan ini harus menyerahkan dua kali lipat syarat dukungan dari jumlah TMS tadi. Jika dihitung, 10.892 syarat dukung harus diraih Khairul-Habib Ali.

“Tetapi dalam perbaikan nantinya, bapaslon perseorangan ini harus menyerahkan dua kali lipat dari jumlah TMS nya,” jelasnya.

Untuk penyerahan syarat dukungan perbaikan sendiri dimulai pada tanggal 25-27 Juli mendatang. Rahmi mengatakan, tahapan penyerahan syarat dukungan perbaikan tersebut sama dengan proses verifikasi sebelumnya.

“Setelah penyerahan, dilakukan verifikasi administrasi, lalu verifikasi faktual. Jika mereka masih belum memenuhi syarat, maka pasangan ini tidak bisa mendaftar menjadi calon,” tuturnya.

BACA JUGA : Bakal Ada Empat Petarung, Gerindra Isyaratkan Usung Kader di Pilwali Banjarmasin

Menyikapi hal itu, Khairul Saleh yang merupakan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Banjarmasin justru memilih bersikap santai.

Malah, Khairul mengaku bangga dengan jumlah dukungan yang memenuhi syarat (MS) sebanyak 35.443 e-KTP warga Banjarmasin tadi.

“Kami cukup bangga dengan angka MS 25 ribu sekian. Artinya sudah banyak masyarakat yang mendukung kita. Kalau dihitung hampir 90 persen masyarakat mendukung kita,” cetus Khairul.

BACA JUGA : Pilwali Banjarmasin, Khairul Saleh-Habib Muhammad Ali Serahkan 41.520 Berkas Dukungan Masyarakat

Kendati demikian, Khairul mengungkapkan bahwa hasil tersebut juga akan membuat tim LO nya bekerja lebih maksimal. Mengingat ada sebanyak 10.892 syarat dukung yang harus ia penuhi, akibat jumlah TMS dikali dua.

“Sangat banyak ya. Mudahan tim LO kami bisa melakukan perbaikan dari kekurangan ini,” ujarnya.

Sekadar diketahui, sebenarnya bapaslon perseorangan di Pilwali Banjarmasin 2020 ada dua. Yakni Khairul-Habib dan Anang Misran-Ahmad Firdaus. Namun pasangan Anang-Daus dipastikan gugur lebih dulu sebelum memasuki tahapan verifikasi faktual.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor DidI G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.