Gelar Shalat Gerhana, Kemenag Kalsel Berharap Wabah Corona Berakhir

0

SESUAI dengan imbauan dari Kementrian Agama Republik Indonesia dan Provinsi Kalimantan Selatan, Masjid Raya Sabilal Muhtadin Banjarmasin menggelar Shalat Kusuf atau Shalat Gerhana, Minggu (21/6/2020) sore.

SEKADAR diketahui, bahwa sejumlah wilayah di Indonesia, termasuk Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan mengalami fenomena langka disaat matahari bertepatan dengan bulan atau yang disebut gerhana matahari.

Pelaksanaan shalat gerhana kali ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Pasalnya, shalat sunah yang diikuti puluhan umat muslim ini masih tetap menjalankan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak shaf 1 meter.

BACA : Kemenag Kalsel Imbau Umat Islam Gelar Shalat Kusuf, Gerhana Matahari Muncul Besok Sore

Selain itu, pelaksanaan shalat gerhana hari ini tidak ada pembacaan khutbah dari khatib.

Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalsel, Noor Fahmi menjelaskan, hukum Shalat Gerhana adalah sunah bagi umat muslim dan sesuai anjuran dari Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, Fahmi berharap agar wabah virus corona yang saat ini masih melanda Indonesia khususnya Kalsel cepat berakhir. “Mudah-mudahan terhindar dari wabah virus corona dan tidak bertambah lagi kasus. Dan mudah-mudahan yang terkena cepat disembuhkan,” harapnya.

Dari pantauan, langit di Bumi Lambung Mangkurat terlihat mendung akibat sempat diguyur rintik hujan ringan. Hal itu yang membuat fenomena gerhana tak bisa dilihat dengan mata.(jejakrekam)

Penulis M Syaiful Riki
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.