Kemenag Kalsel Imbau Umat Islam Gelar Shalat Kusuf, Gerhana Matahari Muncul Besok Sore

0

FENOMENA alam berupa gerhana matahari diperkirakan akan kembali terjadi di sejumlah wilayah Indonesia. Menurut data perhitungan astronomi yang dikantongi Kementerian Agama (Kemenag) Kalimantan Selatan, warga Kalimantan Selatan pun dapat melihatnya pada hari Minggu (21/6/2020) besok dari pukul 15.32 hingga puncaknya 16.26 WITA.

KEPALA Kantor Wilayah Kemenag Kalsel, Noor Fahmi, mengajak umat Islam yang menyaksikan fenomena ini untuk juga menggelar Shalat Kusuf atau Shalat Gerhana. Imbauan ini khususnya diberikan untuk daerah yang sudah aman terhadap ancaman virus Corona (Covid-19).

“Kami imbau kaum muslim pada daerah yang mengalami gerhana dan aman Covid-19, untuk menggelar shalat sunnah gerhana sesuai tuntunan syariah. Tapi tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Fahmi.

Di Banjarmasin sendiri, ada Masjid Raya Sabilal Muhtadi yang siap menggelar Shalat Kusuf dengan protokol kesehatan. Sesuai rencana, ibadah ini akan dilaksanakan setelah Shalat Ashar.

BACA: Warga Banjarmasin Ikuti Sholat Gerhana di Masjid Sabilal Muhtadin

“Salat gerhana sunnah dilakukan di masjid secara berjamaah. Akan tetapi boleh juga dilakukan seorang diri,” kata Fahmi mengutip Kitab Al-Mughni, karya Ibnu Qudamah.

“Masyarakat juga dianjurkan membaca takbir, memperbanyak zikir, istighfar, sedekah, dan amal-amal kebajikan lainnya. Jangan lupa berdo’a agar wabah Covid-19 segera berakhir dan juga doa untuk keselamatan bangsa dan Negara,” sambungnya.

Adapun secara nasional, Fahmi menuturkan gerhana matahari bakal muncul di 31 provinsi di Indonesia. Di Kalimantan, selain Kalsel, warga empat provinsi lain yang memungkinkan untuk menyaksikan fenomena ini. (jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Siti Nurdianti

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.