KNPI Batola Bagikan Masker Gratis Kepada Masyarakat

0

PULUHAN kader Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Barito Kuala menggelar aksi sosial dengan membagikan masker gratus pengguna jalan yang melintas di perempatan Jalan AES Nasotion dan Jalan Veteran, Senin (11/5/2020) sore.

DALAM aksi kali ini, KNPI sengaja menggandeng karyawan karyawati Bagian Humas dan Protokol (Humpro) serta para wartawan yang ngepos di Bagian Humpro Setda Batola.

Dikomandoi Ketua KNPI Batola Hery Sasmita para aksi tampak terlihat aktif. Setiap pengendara yang melintas baik mobil, sepeda motor, sepeda bahkan pejalan kaki yang kedapatan tak mengenakan masker mendapat sodoran. Bahkan tanpa sungkan mereka memasangkan masker ke
muka penerimanya.

Aksi ini dilengkapi pengeras suara sejenis toa juga berisi himbauan dan ajakan kepada masyarakat untuk mewaspadai penyebaran wabah corona (Covid-19) dengan selalu menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan pakai sabun serta berbagai bentuk
pencegahan lainnya.

Ketua KNPI Batola, Hery Sasmita mengatakan, gerakan yang mereka lakukan kali ini merupakan bukti nyata dukungan pemuda KNPI terhadap program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19.

Lelaki yang juga menjabat Kabag Humpro Setda Batola itu mengutarakan, pemuda bisa memiliki peran yang menguatkan atau melemahkan, bisa mempercepat penyelesaian masalah atau memperburuk keadaan.

BACA JUGA : KNPI Kalsel Bagikan Ribuan Masker

Pemuda bisa melemahkan, tutur Hery, ketika tidak mengikuti protokol kesehatan seperti tidak rajin mencuci tangan, hidup tidak sehat, kebiasaan berkerumun (nongkrong) akan berpeluang menjadi carier (pembawa) dan dapat membahayakan lingkungan serta keluarga tempat
tinggalnya.

Sebaliknya, lanjutnya, jika pemuda tersebut disiplin menjaga kesehatan, berperan aktif dalam pencegahan melalui berbagai upaya seperti pembagian disinfektan, pembagian masker, pembagian hand sanitizer atau pun penanganan dampak sosial seperti ikut membagikan sembako, pendataan masyarakat terdampak, kampanye pola hidup bersih dan sehat serta lainnya maka akan sangat membantu mempercepat penuntasan wabah.

Terpisah, Ahmad Mubarak, wartawan Radar Banjarmasin yang ikut serta dalam sangat mengapresiasi atas aksi yang digagas Ketua KNPI Hery Sasmita. Ia menilai, gerakan semacam ini menjadi wujud nyata kepedulian pemuda terhadap kondisi di daerahnya.

“Masyarakat sendiri terlihat sangat antusias terhadap pembagian masker ini, kami berharap akan ada gerakan serupa lainnya dari KNPI,” tambahnya.

Utari, salah seorang masyarakat yang melintas mengaku berterimakasih telah diingatkan dan diberi masker. Ia menyatakan tidak mengenakan masker karena terburu-buru untuk membeli sesuatu keperluan.

“terimakasih maskernya mas, mudah-mudahan ada lagi nanti bagi-bagi kaya ini, ” ucapnya sembari berlalu.

Aksi bagi-bagi masker yang digelar KNPI bersama jajaran Humpro dan Press Room Pemkab Batola ini menghabiskan ribuan masker. Sebelumnya kegiatan serupa juga dilakukan Diskominfo dan BPBD. Aksi yang mereka lakukan dalam kaitan kegiatan LAPOR PEDULI. (Jejakrekam)

Penulis Ahmad Husaini
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.