Yayasan Al Tamar Balangan Bersama Bank Kalsel Berikan Bantuan APD ke Puskesmas

0

DUKUNGAN dan kepedulian kepada tenaga kesehatan (medis) dalam penangangan virus corona atau Covid-19 terus berdatangan. Di Kabupaten Balangan, Yayasan Al Tamar yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan bersama Bank Kalsel cabang setempat juga turut membantu.

BANTUAN atau dukungan yang diberikan oleh lembaga tersebut, berupa pemberian alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas.

Ketua Yayasan Al Tamar, Risalatun Nahdia Tamrin menyampaikan, ada tiga buah Puskesmas yang oleh pihaknya diberikan APD yakni, Puskesmas Batumandi, Lok Batung dan Awayan. Untuk jumlah APD yang diberikan, kata Nahdia, adalah 30 buah APD sehingga tiap Puskesmas kebagian 10 buah APD.

BACA : Bank Kalsel Bagikan Hand Washer Di Lima Kecamatan Kota Banjarmasin

Pihaknya menurut Nahdia, berharap, bantuan ini dapat membantu Tim Gugus Tugas dan tenaga medis khususnya dalam antisipasi dan pencegahan penyebaran Covid-19 di kabupaten Balangan. “Meski jumlahnya terbatas, kami tetap berharap bantuan APD ini bisa bermanfaat dan pendemi Covid-19 segara berakhir,” harapnya.

Senada itu, Ahrina Maulidiya Kepala Seksi Pelayanan Bank BPD Kalsel cabang Balangan menyampaikan, penangan dan penanggulangan virus corona ini merupakan tugas bersama, bukan hanya para tenaga medis atau pun gugus tugas yang dibentuk pemerintah.

Untuk itulah, kata Maulidiya, pihaknya turut serta membantu perjuangan melawan virus corona tersebut. Salah satu upaya yang bisa pihaknya lakukan, lanjut dia, ialah memberikan bantuan berupa APD bagi para tenaga medis.

Terlebih, lanjut dia, sudah banyak dokter, perawat dan tenaga medis di Indonesia yang berjatuhan meninggal dunia akibat terpapar virus corona saat berjuang memberikan pelayanan dan pengobatan kepada para pasien.

Sehingga, kata dia, penyediaan peralatan medis seperti APD saat ini menjadi hal yang sangat penting. Penggunaan APD merupakan prosedur utama dalam kegiatan pelayanan kesehatan. Tujuannya untuk mengantisipasi resiko keselamatan dan kesehatan kerja para petugas medis.

“Meski tidak seberapa jumlahnya, kami berharap APD yang disumbangkan ini sedikit bisa membantu tim kesehatan yang merupakan garda terdepan yang berhadapan langsung dengan pasien terjangkit virus corona,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.