Merambahnya Covid-19, Okupansi Tamu Hotel Mengalami Penurunan

0

GENERAL Manager Hotel Banjarmasin Internasional (HBI) Eri Sudarisman mengaku, akibat penyebaran virus corona (Covid-19) turut berimbas pada beberapa even yang sebelumnya direncanakan akan digelar dalam waktu dekat terpaksa harus ditunda pelaksanaannya.

BUKAN tidak mungkin dampak penyebaran Covid-19 mulai memukul bisnis perhotelan di Kalsel, khususnya HBI. Dia juga mengatakan dengan adanya penundaan beberapa even maka juga akan mengurangi pendapatan hotel.

“Ditundanya beberapa even tadi pasti akan sangat berdampak kepada penurunan okupansi dan pemasukan hotel kami,” papar Eri.

BACA: Jangan Panik Hadapi Covid-19, Disdag Kalsel Jamin Ketersediaan Sembako

Pihaknya memprediksi jika kondisi ini terus berlanjut bahkan sampai melakukan lockdown, maka tentu bisnis hotel di Kalsel akan mengalami penurunan omset usaha hingga lebih dari 50 persen.

“Kalau sudah seperti itu, mau tidak mau kami harus melakukan perumahan sebagian pegawai untuk sementara waktu. Tapi semoga tidak terjadi dan pemerintah daerah sigap untuk bisa menyelesaikan penyebaran virus corona di Banua,” jelas Eri.

Terkait kesiapan HBI dalam mengantisipasi penyebaran virus corona di tempatnya, dalam waktu dekat pihaknya akan menerapkan pengukuran suhu tubuh kepada para tamu hotel yang menginap atau berkunjung.

Selain itu rencananya penyediaan cairan Hand Sanitizer dibeberapa tempat strategis di hotel juga penyeprotan disinfektan diseluruh bagian hotel juga akan dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona.

BACA JUGA: Berawal Dari Hong Kong, Kasus Flu Spanyol Seabad Lalu, 1.424 Warga Banjarmasin Menjadi Korban (1)

“Bagi para pegawai nanti juga akan kita ukur suhu tubuhnya secara rutin. Jika ada suhu tubuhnya yang mencurigakan maka akan kita lakukan tindakan medis sesegera mungkin dan berkordinasi dengan instansi terkait,” tambahnya.

Eri berharap kepada pemerintah pusat maupun daerah bisa menemukan solusi yang terbaik bagi masyarakat untuk terhindar dari Covid-19 yang seperti diketahui sudah membuat masyarakat resah. “Semoga ada keputusan terbaik, dan kami upayakan selalu siap untuk mendukung kinerja Pemerintah memerangi wabah ini,” pungkas Eri.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.