Cegah Corona, Polda Kalsel Lakukan Pemeriksaan Suhu Tubuh dan Semprot Disinfektan

0

JAJARAN Polda Kalsel, Selasa (17/3/2020) pagi, melakukan pemeriksaan suhu tubuh terhadap K untuk mendeteksi kemungkinan adanya penyebaran virus corona atau Covid-19.

KABID Humas Polda Kalsel Kombes Pol Mochamad Rifa’i mengatakan, pemeriksaan suhu tubuh tidak hanya dilakukan hari ini saja, tetapi akan dilakukan setiap acara bersama yang dilakukan dalam ruangan, khususnya kepada seluruh anggota Polda Kalsel.

Pemeriksaan suhu tubuh oleh Tim Dokkes Polda Kalsel ini menggunakan Thermometer Infrared atau alat pemindai suhu tubuh berbentuk pistol yang penggunaannya dengan cara ditodongkan ke kepala.

“Semua anggota suhu tubuhnya dalam kondisi normal. Pemeriksaan ini akan dilakukan pada acara bersama di ruangan seperti rapat dan serah terima jabatan (Sertijab) yang saat ini akan berlangsung. Selain itu juga akan disediakan hand sanitiser untuk menjaga kebersihan terutama tangan,” kata Kombes Pol Mochamad Rifa’i.

Kabid Dokkes Kombes Pol dr Erwinn Zainul Hakim mengakui pemeriksaan suhu tubuh ini memang tidak bisa serta-merta mendeteksi ada atau tidaknya virus corona dalam tubuh seseorang.

Paling tidak, katanya, dengan adanya pengecekan suhu tubuh ini dapat mengetahui kondisi seseorang apakah dalam keaadan sakit atau tidak.

BACA : Tunggu Hasil Uji Laboratorium, Lima Pasien Masih Diisolasi Di RSUD Ulin

Menurut Kabid Dokkes, virus corona saat ini sudah menjadi pandemi global sehingga perlu dilakukan pencegahan sejak dini dengan cara membiasakan pola hidup sehat dan bersih. “Jangan sampai kita di Kalsel sudah terkena dampak baru terbakar jenggot. Sehingga kegiatan ini terus dilakukan disaat hendak bertemu dan berkumpul dengan orang banyak,” katanya.

“Jika suhu tubuh seseorang di angka 38 derajat keatas maka kita langsung sarankan untuk beristriahat dan yang bersangkutan kita bawa ke klinik Polda Kalsel untuk dilakukan pemeriksaan secara intensif,” katanya.

Kapolda Kalsel Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan bahwa Hal ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis yang meminta agar seluruh jajaran Polri menjaga kebersihan ruang kerja dan lingkungan kerjanya, termasuk para pengunjung yang akan mendapatkan pelayanan kepolisian.

“Selain itu maksud dan tujuan dilakukan pengecekan suhu tubuh serta penyemprotan disinfektan beberapa waktu lalu adalah untuk mencegah penyebaran Virus Corona dan bakteri jahat lainnya,” katanya.(jejakrekam)

Penulis Iman S
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.