Pasar Telawang Kian Sepi, Walikota Ibnu Sina Janji Segera Dibenahi

0

KONDISI Pasar Telawang yang makin sepi, memantik Pemkot Banjarmasin untuk segera membenahinya. Pasar yang berada di Jalan Simpang Telawang yang dulu dikenal dengan sebutan Pasar Rambai akan ditata ulang.

KEPASTIAN penataan ulang Pasar Telawang ini dijamin Walikota Ibnu Sina didampingi Kepala Bidang Peningkatan Sarana Distribusi Perdagangan (PSDP) dan Pasar Disperindag Kota Banjarmasin, Ichrom Muftezar, saat meninjau ke lokasi Pasar Telawang, Jumat (13/3/2020).

Walikota Ibnu Sina mengakui dulunya Pasar Rambai yang kini berganti nama menjadi Pasar Telawang sangat ramai pada 1999, namun karena dampak dari persaingan dan hukum alam, membuat pasar itu kian menyepi.

BACA : Bahan Baku Menipis, Harga Gula di Pasaran Melambung Tinggi

“Tentu kita menyayangkan kondisi Pasar Telawang ini sudah tertata dan bersih, tidak dimanfaatkan. Ya, karena warga di Kelurahan Telawang, khususnya di Banjarmasin Tengah terus berkurang, karena pindah ke tempat lain, hingga akhirnya banyak los dan toko tutup, akibat sepi pembeli,” tutur Walikota Ibnu Sina kepada awak media, Jumat (13/3/2020).

Menurut dia, pemanfaatan area di kawasan Pasar Telawang, dengan fasilitas yang ada dibenahi, sehingga para pedagang bisa dikonsentrasikan ke lantai dasar. Sedangkan, lantai II dijadikan aula berkapasitas 100 orang.

Kemudian, beber Ibnu Sina, di lantai 2 yang akan ditempatkan UPT Pasar Disperindag Kota Banjarmasin, sehingga pemanfaatan ruang bisa lebih maksimal.

Sementara untuk lantai 3 Pasar Telawang akan disulap menjadi ruang terbuka, sehingga bisa dimanfaatkan warga untuk tempat berolahraga atau bersantai.

BACA JUGA : Banyak Pasar Tradisional di Banjarmasin Mati Suri

Mantan anggota DPRD Kalsel asal PKS ini mengatakan pemanfaatan ruang di Pasar Telawang, tak hanya untuk bangunan, tapi juga halaman pasar. Menurut dia, halaman yang cukup luas itu dijadikan tempat pembuangan sampah (TPS) yang lebih teratur.

Dengan begitu, Ibnu Sina berharap para pengunjung Pasar Telawang bisa menikmati kenyamanan dan kebersihannya.

Dalam kunjungannya, Walikota Banjarmasin sempat berbincang dengan sejumlah pedagang sayur dan sembako. Mereka pun menginginkan agar tiap pekan, orang nomor satu di Balai Kota Banjarmasin bisa melakoni kunjungan dari pasar ke pasar, sehingga dapat merekam dan menindaklanjuti permasalahan yang ada.(jejakrekam)

Pencarian populer:https://jejakrekam com/tag/pasar-rambai/
Penulis M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.