BI Kalsel Siap Menggelar Even QRIS Nasional 2020 di Banjarmasin

0

KANTOR Perwakilan Wilayah Bank Indonesia (KPW BI) Provinsi Kalsel berkomitmen untuk ikut mensukseskan even pekan Quick Respond Indonesia Standard (QRIS) Nasional 2020 di Banua.

KEPALA KPW BI Provinsi Kalsel, Amanlison Sembiring mengungkapkan, untuk mensukseskan even QRIS Nasional di Kalsel, sejumlah agenda sosialisasi QRIS dilaksanakan mulai tanggal 9 Maret 2020 sampai dengan acara puncak pada tanggal 14 Maret 2020 mendatang.

“Saat ini instrumen dan sarana pembayaran ritel elektronik tumbuh kian marak di Indonesia, guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan alat pembayaran yang semakin cepat, mudah, dan praktis, oleh sebab itu BI akan terus mensosialisasikan QRIS kepada masyarakat,” ungkapnya, Kamis (5/3/2020), di Aula Perpustakaan Lantai 4 Kantor Perwakilan BI Kalsel.

BACA: Susuri Sungai Hingga Kalteng, BI Sosialisasikan Transaksi Non Tunai

Pihaknya memaparkan dengan menggunakan konsep implementasi QRIS yang terdiri atas tahap awareness, usage, dan quality. Implementasi QRIS saat ini telah memasuki tahapan usage yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah penggunaan QRIS dengan pemahaman yang berkualitas, baik dari segi merchant maupun customer.

“Dengan diadakannya acara Pekan QRIS Nasional pada tanggal 9 hingga 15 Maret mendatang merupakan salah satu metode implementasi tahap usage,” tambahnya.

Untuk kegiatan sosialisasi BI akan memulainya pada tanggal 9 Maret 2020 di Kantor Walikota Banjarmasin. Kemudian selanjutnya dilanjutkan pada tanggal 10 Maret 2020 di UIN Antasari, tanggal 11 Maret 2020 di SMA Negeri 1 Banjarmasin, tanggal 12 Maret 2020 di Mesjid Sabilal Muhtadin dan tanggal 13 Maret 2020 di Duta Mall Banjarmasin.

BACA JUGA: Transaksi QRIS Kini Bisa Melalui Aplikasi E-Klotok

Dalam sosialisasi nantinya masyarakat akan diberikan beberapa materi meliputi edukasi tentang operasional dan manfaat QRIS, testimoni merchant yang sudah memakai QRIS maupun pembukaan pendaftaran sebagai merchant QRIS dengan PJSP di QRIS Corner yang disediakan.

“Kemudian di acara puncak yang rencananya digelar Siring 0 Kilometer Banjarmasin pada tanggal 14 Maret 2020 akan ada sejumlah kegiatan yang digelar, mulai dari Fun Walk, Senam QRIS, pengumuman pemenang perlombaan dengan tema QRIS, Grand Final Duta QRIS, Bazaar QRIS hingga panggung hiburan rakyat,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini diharapkan kedepannya di Provinsi Kalsel makin banyak pelaku usaha yang menyediakan aplikasi QRIS maupun masyarakat yang menggunakan QRIS untuk transaksi non tunainya.

“Saat ini di Kalsel tercatat QRIS sudah dipakai oleh 20.599 mercants untuk transaksi pembayaran. Kedepan tentu diharapkan angka ini bisa meningkat lagi agar masyarakat semakin mudah menggunakan QRIS,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Akhmad Faisal
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.