Tim Menteri PUPR Kunjungi Barut

0

KALAU tak ada aral, Kamis (5/3/2020) nanti pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan datang ke  Pemkab Barito Utara (Barut) untuk menandatangani serah terima Rusunawa kepada Pemkab Barut.

DALAM rangka menyambut kedatangan Tim dari Kementerian PUPR tersebut, Pemerintah Kabupaten Barut mengadakan rapat terbatas, Selasa (3/3/2020), di Ruang Rapat Setda Lantai 1.

Rapat tersebut dipimpin Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra, didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman dan Pertanahan, dan dihadiri  Kepala Dinas PUPR, Kepala Dinas PMPTSP, Kepala Bagian Hukum Setda, pejabat dari Bappedalitbang, RSUD, DisPUPR, Diskominfosandi, dan bagian hukum Setda.

Selain membahas rencana serah terima Rusunawa dari Kementrian PUPR kepada Pemerintah Kabupaten Barut, rapat juga membahas penanganan masalah adanya penurunan tanah di salah satu sisi bangunan rusunawa tersebut.

Menurut Kepala Dinas PUPR Barut, Iwan Rusdani, pihak PUPR bersama Dinas PRKPP dan pihak RSUD telah melakukan pengecekan lapangan dan memang ada penurunan tanah sekitar 2-5 cm.

“Namun, dapat dipastikan tidak akan mempengaruhi struktur bangunan yang ada. Sebab, yang terjadi penurunan adalah rabat beton yang berfungsi sebagai jalan samping bangunan, bukan bagian dari struktur bangunan,” katanya.

Iwan menjelaskan, bangunan rusunawa itu menggunakan pondasi tiang pancang ditambah pondasi telapak yang menyambung dengan kolom dan balok yang menyatu dengan lantai beton bertulang, seperti rumah panggung.

“Insya Allah bangunan dijamin kokoh. Untuk menangggulangi terjadinnya gerusan tanah pada sisi bangunan, nanti perlu dibuat dinding penahan tanah atau turap,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas PRKPP Yaser Arafat menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Barut sangat beruntung telah mendapat rusunawa dengan tipe 36 sebanyak 42 unit tersebut.

“Kita berterima kasih kepada Kementrian PUPR yang telah bersedia membangun rusunawa di Kota Muara Teweh ini, dalam rangka mendukung pembangunan perumahan dan kesehatan di Barito Utara. Tinggal bagaimana kita menyiapkan proses pelimpahan dan serah terimanya kepada kita,” katanya.

Yaser Arafat menjelaskan, serah terima dari Kementerian PUPR selaku pihak yang membangun kepada RSUD selaku user dan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, kini masih dalam proses. “Insya Allah, Kamis (5/3/2020) pihak Kementerian PUPR dan Pemkab Barut akan menandatangani serah terima Rusunawa tersebut,” ujarnya.

Wakil Bupati Barut Sugianto Panala Putra menyampaikan, pihak Pemerintah Kabupaten Barito Utara dengan senang hati menerima pelimpahan yang nantinya akan dilaksanakan.

“Tentunya, rusunawa akan ditempati oleh tenaga RSUD yang nantinya dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” katanya.

Untuk penanganan penurunan tanah di salah satu sisi bangunan rusunawa, Wakil Bupati menegaskan akan mencari solusi yang tepat dengan tetap mengikuti ketentuan dan peraturan yang berlaku.

“Apakah nantinya penanganan langsung dari Kementrian PUPR ataupun dari pihak kita, nanti kita lihat hasil penyerahan pada Kamis lusa,” tutup Sugianto Panala Putra.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.