Dishub Rekayasa Lalulintas Pertigaan RSUD Ulin-Kolonel Sugiono

0

KEPALA Bidang Lalu Lintas Dishub Kota Banjarmasin, Slamet Bedjo, kepada jejakrekam.com,  Kamis (2/1/2020,) mengatakan pihaknya sekarang sedang melakukan ujicoba rekayasa arus lalulintas di kawasan pertigaan RSUD Ulin–Kolonel Sugiono, Banjarmasin.

DIUNGKAPKAN, ujicoba itu sudah dilakukan sejak mendekati natal 25 Desember lalu dengan menutup U-Turn yang berada persis di muka RSUD Ulin KM 2 Jalan Achmad Yani Banjarmasin ke arah Duta Mall dari arah luar kota, dan sebaliknya dari dalam kota mau membelok ke arah Jalan Kolonel Sugiono.

Dalam ujicoba tersebut, pengguna jalan yang mau ke RSUD Ulin dan ke Duta Mall, diarahkan memutar di simpang tiga Kolonel Sugiono. Namun ternyata masih ada kendala teknis.

Slamet menjelaskan, kekurangannya ada pada pengaturan lampu lalulintas. “Maka, untuk sementara, hasil uji coba itu terus kami evaluasi. Terutama pengaturan lampu lalulintas baik yang belok kiri dan kanan maupun yang mau memutar,” ujarnya.

BACA : Mencari Solusi Terbaik Akses Lalulintas Di Kayutangi

Setelah didapat hasil uji coba dan dievaluasi, papar Slamet,  selanjutkan akan diputuskan oleh Forum Lalulintas dengan melibatkan seluruh stakholde terkait. Jadi bukan Dishub sendiri saja yang memutuskan. Berikutnya, keputusan itu akan diberlakukan secara permanen.

“Rekayasa lalulintas ini masih bersifat ujicoba. Namun, jika hasilnya bagus, maka kemungkinan akan dipermanenkan,” katanya.

Tapi, tambah Slamet lagi, rekayasa lalulintas ini tidak bisa langsung dipermanenkan. Perlu waktu untuk sosialisasi kepada masyarakat agar mereka tidak kaget,” ujarnya.

Masih menurut Slamet, rekayasa lalulintas tersebut dimaksudkan untuk membenahi arus lalulintas dengan harapan meminimalisir kemacetan. “Melalui rekayasa lalulintas ini, insya Allah mampu mengurangi kemacetan di Kota Banjarmasin,” jelasnya.(jejakrekam)

Penulis Asyikin
Editor Almin Hatta

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.