Pertajam Pengawasan Pilkada, Bawaslu Kalsel Gelar Rakor Teknis

0

BADAN Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Selatan memantapkan persiapan pengawasan dalam menghadapi pelaksanaan pilkada serentak 2020. Peningkatan sumber daya manusia (SDM) staf teknis pengawasan akan menjadi ujung tombak pengawasan di setiap kegiatan kepemiluan.

SEJUMLAH kegiatan digelar Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kalimantan Selatan guna persiapan jelang bergulirnya tahapan pilkada serentak 2020. Persiapan yang dilakukan di antaranya kesiapan SDM pengawasan di semua tingkatan.

Pada rakor teknis Bawaslu Kalsel, sejumlah narasumber dihadirkan untuk memberikan pembekalan. Pembekalan yang diberikan terkait teknis pengawasan kepada seluruh Komisioner Bawaslu dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel beserta staf teknis.

Mantan Ketua Bawaslu Kalsel, Mahyuni yang menjadi narasumber di kegiatan ini menyampaikan tentang pentingnya peningkatan kemampuan para pengawas pemilu dilapangan. Untuk itu, ia meminta semua pengawas pemilu terus belajar, mengetahui dan memahami undang-undang kepemiluan, khususnya.

BACA : Jalani Sidang Kode Etik DKPP, Adhariani Ancam Praperadilkan Gakkumdu Bawaslu Kalsel

“Bawaslu harus lakukam peningkatan SDM sumberdaya pengawas, Para komisioner harus menguasai divisinya masing agar dapat mengambil keputusan dengan tepat,” ucap Mahyuni kepada jejakrekam.com, Jumat (18/10/2019) malam.

Hal lai, menurut Mahyuni, yakni peningkatan SDM pengawasan para staf teknis yang ada di masing-masing Bawaslu kabupaten /kota. Ia mengatakan staf teknis Bawaslu perannya seperti staf ahli yang bisa menjadi ujung tombak pengawasan dilapangan.

“Para staf teknis Bawaslu harus sering mengikuti kegiatan rakor teknis agar SDM mereka semakin baik dan bisa meringankan tugas para komisioner. Staf teknis yang SDM baik akan menjadi ujung tombak pengawasan,” tegas dosen FISIP ULM ini.

BACA JUGA : Sepakat, Dana Hibah Pilkada Untuk KPU Dan Bawaslu Banjar Melonjak Naik

Rakor teknis persiapan pengawasan pilkada 2020  yang digelar Bawaslu Kalsel digelar selama dua hari di Hotel Aria Barito Banjarmasin. Acara ini dibuka secara resmi Ketua Bawaslu Kalsel, Erna Kasypiah untuk penguatan jajaran lembaga kepengawasan pilkada ini.(jejakrekam)

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.