Melatih Wartawan Kalsel Jadi Pengusaha Kuliner, APJI dan FWE Siap Memfasilitasi

0

ASOSIASI Perusahaan Jasa Boga Indonesia (APJI) Kalsel, mendorong para wartawan untuk menjadi wirausaha baru dibidang kuliner dengan menggandeng Forum Wartawan Ekonomi (FWE) Kalsel.

Salah satunya melalui kegiatan seminar dan training sehari “Wartawan Jadi Pengusaha, Kenapa Tidak?” dengan tema “Dari Wartawan Jadi Hartawan” yang rencannya digelar, Sabtu (26/10/2019) di Bogasari Baking Center Banjarmasin.

Ketua FWE Kalsel M Firdaus mengatakan, rencananya kegiatan akan dilaksanakan dalam dua sesi. Untuk sesi pertama akan diisi oleh pemateri dari Bank Kalsel yang akan memberikan materi tentang cara mengelola keuangan pribadi dan usaha.

“Untuk sesi berikutnya dilanjutkan dengan praktek membuat kue secara langsung oleh Boga Sari. Nantinya peserta diajak untuk mengolah secara langsung aneka jajanan kue yang lezat dan menarik,” ungkapnya, Sabtu (5/10/2019).

Kegiatan sendiri akan melatih sekitar 20 wartawan yang berdomisili di Kota Banjarmasin. Baik itu wartawan dari media online, cetak, radio, TV dan nasional.

“Kegiatan kali ini didukung penuh oleh Boga Sari dan Bank Kalsel. Terimakasih pula kami ucapkan kepada Koperasi Harum Manis, PT Jamkrida, Ekspedisi Lintas Jawa Group dan PDAM Bandarmasih agar kegiatan sukses terlaksana,” tambahnya.

Ketua APJI Kalsel H Aftahuddin berharap, kegiatan kolaborasi dengan FWE Kalsel bisa menambah wawasan dan memotivasi wartawan untuk tertarik menekuni usaha dibidang kuliner.

“Khususnya olahan jajanan kue kini sangat menjanjikan untuk digeluti. Bahkan modal usahanya tidak terlalu besar, karena kita bisa menjualnya dengan cara online sehingga bisnis bisa meningkatkan tambahan ekonomi,” katanya.

Jika setelah pelatihan para wartawan serius untuk berbisnis kuliner, APJI Kalsel mengaku siap menyuplai bahan baku seperti gula, tepung terigu hingga minyak goreng dengan harga yang kompetitif.

“Kami juga akan rutin melakukan pembinaan dengan mengikutsertakan para wartawan dalam pelatihan membuat kue lainnya. Itu juga supaya mereka bisa menjadi pengusaha kuliner dan bisa melebarkan sayapnya untuk sukses nantinya,” imbuhnya.(jejakrekam)

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.