Festival Seni Budaya Pelajar Dibuka Resmi Wabup Barito Utara

0

DEMI menjaga dan meningkatkan eksistensi, pelestarian serta membangun kreativitas generasi muda, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Utara melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga menggelar Festival Senin Budaya Pelajar di Aula Disbudparpora Barito Utara, Jalan Temengung Surapati, Muara Teweh, Rabu (27/2/2019).

ACARA dibuka secara resmi Wakil Bupati Barito Utara, Sugianto Panala Putra dihadiri para kepala satuan kerja perangkat daerah, camat, para kepala sekolah, pelajar se-Kabupaten Barito Utara dan undangan lainnya.

Wakil Bupati Sugianto Panala Putra mengatakan berdasarUndang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan di mana negara dalam memajukan kebudayaan nasional Indonesia, di tengah peradaban dunia.

BACA :  Ikuti Lomba Sains Tingkat Provinsi, Barito Utara Kirim 6 Pelajar

Hal ini demi menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai budaya. Ini karena hal ini merupakan investasi masa depan dalam membangun keberadaban seni budaya dan kearifan lokal.

Menurut Sugianto, pengembangan seni budaya di Kabupaten Barito Utara dirasa sudah semakin baik. Baik dari even seni budaya seperti Festival Iya Mulik Bengkang Turan dan Festival Seni Budaya Pelajar.

“Apalagi dilaksanakan secara berkesinambungan tidak hanya mencari bibit terbaik untuk ke tingkat selanjutnya,” ucapnya.

BACA JUGA : Tidak Ikut USBN, 67 Pelajar SD di Barito Utara Tidak Lulus Ujian  

Selain itu, beber dia, kegiatan yang dilaksanakan juga bermanfaat sebagai sarana mempererat tari silaturahmi antar peserta yang berasal dari sembian kecamatan di Kabupaten Barito Utara.

“Saya mengimbau kepada kita semua, marilah kita tingkatkan rasa cinta terhadap akar budaya lokal dan seni budaya nusantara. Caranya dengan melestarikan dan mengembangkan serta menginformasikan kepada masyarakat secara luas melalui media masa, media sosial dan lainnya,” ucap Sugianto, saat membacakan sambutan Bupati Barito Utara Nadalsyah. (jejakrekam)

 

Penulis Syarbani
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.