Diduga Langgar Garis Partai, DPW PAN Kalsel Pastikan Minta Klarifikasi Sudian Noor

0

DUKUNGAN terbuka yang disuarakan Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Tanah Bumbu, Sudianoor dan sekretarisnya, Murhansyah untuk memilih Capres-Cawapres Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019, bakal berbuntut panjang.

PERNYATAAN sikap ini dibacakan Sudian Noor didampingi sekretarisnya, Murhansyah di Hotel Ebony, Batulicin, Minggu (2/12/2018) malam. Kemudian surat pernyataan dukungan dan memilih itu juga diserahkan kepada Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf Kalsel yang dimotori sang ketua, Ghimoyo.

“Kami yang bertandatangan di bawah ini, Pengurus DPD PAN Kabupaten Tanah Bumbu menyatakan sikap mendukung Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden RI periode 2019-2024. Demikian surat dukungan ini kami buat untuk dijalankan dan ditaati oleh seluruh kader maupun simpatisan PAN sebagaimana mestinya,” begitu bunyi surat dukungan itu.

BACA : Pilih Beda, DPD PAN Tanbu Dukung Joko Widodo-Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019

Surat tersebut ditandatangani oleh Ketua DPD PAN Kabupaten Tanah Bumbu Sudian Noor bersama Sekretarisnya Murhansyah, lengkap dengan stempel basahnya yang diserahkan kepada Ketua Tim Kampanye Daerah Joko Widodo – Ma’ruf Amin Kalsel Ghimoyo.

Diketahui, keputusan DPD PAN Tanah Bumbu ini tentu ‘bertentangan’ dengan garis partai yang telah memutuskan menyokong pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Wakil Ketua DPW PAN Kalsel Rakhmat Nopliardy memastikan akan segera memanggil Sudian Noor yang juga Bupati Tanah Bumbu untuk dimintai klarifikasi.

“Jika keputusan itu mengatasnamakan institusi DPD PAN Tanah Bumbu, patut diduga telah melanggar garis partai yang telah memutuskan mendukung dan memenangkan Prabowo-Sandi,” ucap Rakhmat Nopliardy saat dikontak jejakrekam.com, Senin (3/12/2018).

Menurut dia, berbeda jika dukungan yang menyalahi garis partai adalah bersifat pribadi atau personal. Sebab, beber Rakhmat, tentu DPW PAN Kalsel tak bisa mengetahui apa pilihan masing-masing kader, terutama pengurus.

“Namun, dari garis partai, tentu sudah jelas PAN merupakan parpol pengusung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Ini harus ditaati seluruh kader dan pengurus partai,” tegas Rakhmat.

Ia memastikan dalam waktu dekat, DPW PAN Kalsel akan menyikapi dukungan yang berbeda diambil Sudian Noor selaku Ketua DPD PAN Tanah Bumbu. “Ini merupakan instruksi dari DPP PAN yang harus ditaati seluruh jaringan partai di daerah,” cetus mantan Sekretaris DPW PAN Kalsel ini.

BACA JUGA : Sandiaga Uno Datang ke Kalsel, Ada 11 Aspirasi Banua yang Diajukan

Sedangkan, Sekretaris DPW PAN Kalsel HM Faisal Hariyadi enggan berkomentar banyak. Ia justru menilai hal itu terjadi karena adanya dinamika politik yang terus berkembang di tubuh PAN sendiri. Dia pun menyarankan media untuk menanyakan hal itu langsung kepada Ketua DPW PAN Kalsel H Muhidin.

Dikonfirmasi terpisah, Wakil Sekjen DPP PAN Surya Imam Wahyudi mengaku belum tahu soal berubahnya arah dukungan DPD PAN Tanah Bumbu kepada Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. “Silakan tanya ke DPW PAN Kalsel, bagaimana sikap mereka,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Arpawi
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.