Ditarget Rampung Desember, di Gubernuran Lama Ada Taman Air Mancur

0

USAI dibongkar, kini beberapa lahan bekas perkantoran di lingkungan Kantor Gubernur Kalimantan Selatan di Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan DI Panjaitan, telah dihiasi taman-taman. Hingga Kamis (29/11/2018), beberapa bentuk taman dan air mancur sudah terlihat, dipastikan pada pertengahan Desember 2018 nanti akan rampung 100 persen.

PANTAUAN jejakrekam.com, ada beberapa bangunan berupa air mancur yang dibangun telah hampi rampung. Begitupula, di bagian lainnya juga telah terbangun dua pilar penyangga yang akan memperkokoh taman air mancur. Rumput-rumput pun ditanam rapi.

“Kami targetkan pada pertengahan Desember nanti, sudah bisa rampung 100 persen. Sekarang, sudah mencapai 80 persen, tinggal finishing dan pembersihan saja, maka semua taman bisa terlihat,” kata Hendra, pelaksana proyek pembangunan sarana dan prasana gedung kantor Gubernur Kalsel dari PT Hamiri Artha Mulia kepada jejakrekam.com, Kamis (29/11/2018).

BACA : Dibangun Taman Gubernuran Dulu, Tahun Depan Digarap Tugu Nol Pal

Menurutnya, di atas lahan seluas 2,5 hektare dibangun taman untuk keperluan warga, seperti jogging track serta air mancur, termasuk pintu masuk taman yang dibuat bundar. Hendra yang akrab disapa Ujang ini menjelaskan untuk mesin pompa telah didatangkan dari Surabaya.

“Saat ini, mesin pompa air mancur telah dirakit, tinggal dipasang saja. Jadi, ada dua buah air mancur yang akan menghiasi taman di kantor gubernuran lama ini,” kata Ujang.

Tampak para pekerja tengah memasang batako serta ubin lantai. Proyek senilai Rp 7 miliar lebih ini digarap PT Hamiri Artha Mulia dengan konsultan pengawas PT Tectama Karya, terhitung sejak 5 Juni 2018 dengan durasi 180 hari kalender. “Kalau taman-taman ini telah rampung, nanti akan dibangun jogging track,” ucap Ujang.

BACA JUGA : Bongkar Kantor Kawasan Gubernuran, Biayanya Rp 1,6 M

Ditambahkan Ujang, soal pembangunan tugu nol pal menjadi proyek terpisah. Namun, ia mengatakan pihaknya tak terlibat karena hanya membangun fasilitas taman dan lainnya yang telah digarap awal Juni 2018 lalu. “Untuk Rumah Banjar yang dulu menjadi kantor Gubernur Kalsel hanya direnovasi. Kami sudah melakukan pengecatan. Kami juga sudah membangun tiga pos pengamanan Satpol PP,” ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalsel, Roy Rizali Anwar memastikan fasilitas penunjang taman di kantor gubernuran lama ini akan rampung pada Desember 2018. Fasilitas penunjang yang dibangun berupa taman utama, musala, toilet, teater, dan lampu-lampu taman.

“Jadi, pada 2019 untuk pembangunan fasilitas taman sudah rampung. Tinggal pembangunan tugu saja yang belum,” beber Roy.

BACA LAGI : Sudah Capai 75 Persen, Fasilitas Penunjang Taman Tugu Nol Pal Segera Rampung

Ditanya soal Tugu Nol Pal, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira membeberkan proyek ini jelas memerlukan ongkos yang tidak sedikit. Pihak Pemprov Kalsel memerlukan bantuan dari perusahaan swasta, melalui dana corporate social responsibility (CSR).(jejakrekam)

Penulis Sayyidil Ahmada
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.