Kerjasama Tanggulangi Penyebaran Malaria

0

LEMBAGA Biologi Molekuler Eijkman Kemenristek Dikti bekerjasama dengan Pemkab Barito Utara.

WAKIL Bupati Barito Utara Sugianto P Putra mengatakan, pemerintah daerah menyambut baik kerjasama ini.

Menurutnya, harapan bisa mempertahankan status eliminasi malaria dapat mengurangi segala macam bentuk penyakit, seperti penyakit infeksi paru-paru yang muncul kembali, serta kasus malaria, salah satunya adalah malaria yang ada di Barito Utara.

Menurutnya, penelitian ini dapat dirasakan keuntungan berupa rumusan baru dalam hal pencegahan dan penanggulangan penyakit.

“Saya minta perhatian kita bersama akan hal-hal ini. Saya minta ada forum bertukar pengalaman saling memberi informasi guna mencari akar permasalahan kesehatan dan alternatif pemecahannya,” katanya.

Hal ini, kata dia, untuk perbaikan di masa yang akan datang dalam pelaksanaan program kegiatan agar selalu berkoordinasi dengan lintas program maupun lintas sektor terkait, sehingga efektivitas dan efisiensi dalam pelaksanaannya dapat tercapai.

BACA : Cegah Penyakit Tidak Menular, Barito Utara Gencarkan Kebijakan Germas

Prof Saprudin, selaku kepala peneliti senior lembaga Eijkman, mengatakan di Indonesia, malaria sudah ada penularan, ini mengindikasikan negara juga bertanggungjawab untuk pengobatan.

Menurutnya, di lembaga Eijkman penelitian yang menggunakan teknik atau ilmu biologi untuk mencegah mengobati penyakit tetapi juga penyakit akan segera ditangani.(jejakrekam)

Penulis Syarbani
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.