Lahirkan Ide Kreatif, Disdik Balangan Gelar Kelas Satra dan Seni Rupa

0

DINAS Pendidikan Balangan melalui bidang pembinaan menggelar kelas sastra dan kelas seni rupa bagi para siswa sekolah yang ada di Kabupaten Balangan.

KELAS sastra dan seni yang diikuti peserta didik tingkat berasal dari SD, SMP, SMA atau SMK dengan jumlah 240 orang ini bertujuan menampung ide-ide peserta didik dalam mengembangkan budaya literasi.

Kasi Kebudayaan Disdik Balangan, Febtika mengungkapkan, kelas sastra ini dibagi menjadi 2  kelas yakni, kelas cipta puisi dan menulis cerpen. sedangkan kelas seni rupa juga terbagi dalam dua kelas,yaitu, kelas lukis, dan kelas kriya. Masing-masing kelas, kata Febtika, diikuti 60 pelajar dengan dua orang nara sumber yang berasa dari guru kesenian yang mempunyai keahlian khusus kelas yang diajarkannya.

“Selain menampung ide para peserta, kegiatan kelas sastra, ini juga bagian dari upaya kita dalam mengembangkan budaya literasi ditengah peserta didik. Khusus kelas sastra nantinya hasil karya peserta akan dituangkan dalam bentuk buku antologi puisi dan antologi cerpen,’’ ujar Febtika disela kegiatan kelas sastra dan kelas seni rupa.

Buku antologi puisi ini natinya setelah dibuat, lanjut Febtika, akan didistribusikan ke perpustakaan-perpustakaan sekolah yang ada di Kabupaten Balangan.

Selain itu, menurut dia, selepas kegiatan kelas sastra dan kelas seni rupa bagi para siswa sekolah yang berlangsung selama 3 hari ini, para peserta akan termotivasi dalam mengembangkan diri, ide dan membudayakan literasi serta diharapkan bisa mengelola barang bekas menjadi benda yang mempunyai nilai seni bahkan mungkin nilai jual yang tinggi. “Ini juga bentuk untuk mengapresiasi bakat seni yang dimiliki para siswa serta sebagai upaya memelihara dan mengembangkan seni itu sendiri,’’ pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Gian
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.