Kejar Smart City, Lantai Tiga Menara Pandang Disulap Jadi Kantor Bersama

0

SIRING Menara Pandang di Jalan Kapten Piere Tendean bakal disulap menjadi multifungsi. Selain sebagai landmark dan pusat layanan publik, gedung lantai 3 yang berlokasi di kawasan Siring Tendean ini akan dijadikan Co-working space.

APA itu Co-working space? Yakni, tempat kerja bersama atau kantor dengan konsep baru yang bisa digunakan setiap orang. Biasanya, bentuknya adalah suatu ruangan terbuka yang cukup luas untuk menampung sekian banyak orang. Orang-orang ini bisa terdiri dari individu, komunitas, suatu perusahaan yang bergerak di bidang bisnis, khususnya start-up (bisnis rintisan).

Co-working space ini bisa digunakan oleh kalangan mahasiswa, pekerja paruh waktu. Bahkan bisa ditemukan segala macam profesi dalam satu ruang, terutama mereka yang tertarik mengembangkan startup.

Kepala Dinas Kominfotik Kota Banjarmasin Hermansyah menerangkan, Co-working space ini akan diberi nama Plaza Smart City yang ditarget terealisasi pada 2019. Dengan menawarkan fasilitas berupa komputer, wifi, televisi, tempat permainan maupun rapat.

“Bekerja saat ini tidak melulu harus duduk seharian di kantor. Lokasi kerja pun kini bisa di mana saja. Komunitas pun bisa menggunakan itu,” ucap Hermansyah kepada wartawan di Banjarmasin, Rabu (31/10/2018).

Mantan Camat Banjarmasin Tengah ini mengatakan di samping menjadi tempat kerja, anak-anak muda Banjarmasin bisa belajar mengeksplorasi kemampuannya dalam memanfaatkan teknologi. Utamanya, membangun start-up guna menyumbangkan pemikiran untuk Kota Banjarmasin.

“Jadi, bagaimana mengakomodir orang-orang yang peduli dengan smart city dan relawan teknologi informatika bisa bergabung di sana,” ucapnya.

Meski terbuka untuk warga Banjarmasin, pekerja maupun komunitas yang ingin menggunakan fasilitas milik Pemkot Banjarmasin ini terlebih dulu harus mendaftar. Hal ini dilakukan demi menghindari hal yang tidak diinginkan dan bisa merugikan pemkot.

“Itu nanti kita bikinkan standar operasional prosedur (SOP), karena tak semua orang bisa masuk di situ, apakah perlu daftar,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Arpawi
Editor Fahriza

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.