Banjarmasin Ikut program Pencalonan Kota Berkelanjutan Lingkungan Tingkat ASEAN

0

PEMKOT Banjarmasin diundang Institute of Global Environmental Strategis (IGES) atau institut strategi lingkungan global dalam program pencalonan kota percontohan dalam pengembangan program kota berkelanjutan lingkungan tingkat ASEAN.

PROGRAM ini dilaksanakan di Tokyo dan Nagono, Jepang, pada 26 hingga 28 September 2018.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina mempresentasikan keberhasilan Pemko Banjarmasin dalam menerapkan Perwali Nomor 18 Tahun 2016 tentang Larangan Penggunaan Kantong Plastik bagi Ritel dan Toko Modern.

“IGES akan mengucurkan dana hibah sekitar USD 40.000 untuk kegiatan proyek tersebut, dalam jangka waktu dua tahun,” katanya.

Program IGES merupakan program lanjutan ASEAN ESC Model Cities, yang telah diikuti Banjarmasin beberapa waktu lalu.

Dengan mengikuti program ini, Ibnu Sina berharap Banjarmasin dapat lebih berkembang, dan kegiatan yang telah dilaksanakan pada program model cities menjadi panutan bagi daerah lain.

“IGES dibentuk untuk mencapai paradigma baru dalam peradaban dan melakukan pengembangan kebijakan inovatif serta penelitian strategis dan tindakan lingkungan, yang mencerminkan hasil penelitian untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan di kawasan Asia-Pasifik dan global,” pungkasnya.(jejakrekam)

Penulis Husaini
Editor Andi Oktaviani

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.