Pertanyakan Forum ULM Bersih, Sekretaris Senat Akui Ada Buka Puasa Bersama

0

PEMILIHAN calon Rektor Universitas Lambung Mangkurat (ULM) periode 2018-2022, terus menghangat. Ini setelah, Forum ULM Bersih menuding adanya dugaan kecurangan dan unsur gratifikasi yang dilakoni salah satu kandidat melalui tim suksesnya.

SEKRETARIS Senat ULM Dr Harpani Matnuh mempertanyakan legalitas Forum ULM Bersih dan intregritas pihak yang berada di belakang forum serta mewakili unsur siapa.

“Dana IDB dikelola oleh pusat (Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi), jadi kami di fakultas di ULM dapat dana Islamic Development Bank (IDB) untuk membangun fisik dan menandatangani kontrak dengan pelaksana IDB serta menunjuk pemborong dan itu ditingkat pusat ” ucap akademisi FKIP ULM kepada jejakrekam.com, Jumat (27/7/2018).

Harpani memastikan ULM  tidak dibersentuhan dengan uang IDB, nah jika dana hibah IDB diisukan dipakai untuk karantina dan suksesi salah satu kandidat, maka Kemenristekdikti. “Malah ditertawakan masalah itu, tidak mungkin dana IDB dipakai,” cetusnya.

“Jika ada buka puasa bersama di bulan Ramadhan lalu, tentu sah-sah saja. Jika ada isu karantina perlu diklarifikasi lagi. Saya tidak bisa menyatakan karantina betul atau tidak, setahu saya ada inisiatif beberapa orang untuk tidur di situ (maksudnya di salah satu hotel di Banjarmasin),” ujar Harpani Matnuh.

Dia menuturkan proses pemilihan rektor ULM terus berjalan walaupun ada isu yang tidak sedap terus berhembus. “Sedangkan, Panitia Pemilihan Rektor ULM tidak berwewenang untuk mengurus hal itu,” cetusnya.

Harpani mengatakan Kemenristekdikti hanya menelusur rekam jejak plagiasi, keuangan dan ideologi calon rektor ULM.”Proses penelusuran rekam jejak calon rektor ULM oleh Kemenristekdikt belum selesai. Nah, ketika penulusuran rekam jejak rampung baru, Kemenristekdikti akan mengirimkan jadwal pemilihan Rektor ULM,” ucapnya.

Dosen prodi PPKn FKIP ULM menjelaskan belum adanya kepastian waktu pemilihan Rektor ULM dikarenakan selama medio Juli dan Agustus 2018, ada 19 perguruan tinggi yang turut menyelenggarakan suksesi. “Memang, hingga saat ini belum ada kepastian waktu pemilihan rektor karen Kemenristekdikti juga berkonsterasi di perguruan tinggi lainnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Rektor ULM Prof Dr Sutarto Hadi dari tiga nomor ponselnya, tak bisa dihubungi. Dikirim jejakrekam.com via WhatApp (WA) juga tidak mendapat balasan, hingga Jumat (27/7/2018) malam.(jejakrekam)

 

Penulis Ahmad Husaini
Editor DidI GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.