Antisipasi Pemilih Berusia 17 Tahun, Pelayanan Disdukcapil Tabalong Tetap Buka di Hari Libur

0

MESKI pemerintah pusat telah menetapkan Rabu (27/6/2018) menjadi hari libur nasional yang tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 15 Tahun 2018. Namun, pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Tabalong yang menghelat suksesi, tetap melayani pembuatan e-KTP dan dokumen kependudukan lainnya.

BUPATI Tabalong  H  Anang Syakhfiani menegaskan pelayanan penerbitan e-KTP atau KTP sementara ini bertujuan agar warga yang tepat berusia 17 tahun pada 27 Juni 2018 ini tetap bisa memberikan hak suaranya pada pilkada serentak 2018.

“Jika ada warga Tabalong yang tepat berusia 17  tahun pada 27 Juni 2018, maka petugas Disdukcatpil Tabalong akan langsung memproses KTP yang bersangkutan. Ini agar yang bersangkutan bisa memberikan suaranya pada pilkada Tabalong,” ucap Syakhfiani kepada wartawan di Tanjung, Rabu (27/6/2018).

Selain Disdukcatpil Tabalong, pelayanan kesehatan seperti rumah sakit dan puskesmas juga tetap buka. Walaupun statusnya tidak terbuka seperti halnya hari-hari biasa, namun pelayanan terbatas dijamin bisa mengakomodir hak-hak masyarakat. “Kami putuskan tetap membuka pelayanan untuk mengantisipasi kegiatan Pilkada Tabalong tahun 2018 ini,” kata Syakhfiani.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Tabalong H  Suryanadie, membenarkan kalau pihaknya tetap memberikan pelayanan pada Rabu (27/06/2018), khususnya untuk pembuatan e-KTP. “Ini untuk mengantisipasi kalau pada hari ini ada warga yang tepat berusia 17 tahun, maka kita akan segera memproses KTP-nya,” ujarnya.

Untuk pihak kecamatan, diharapkan Suryanadie, juga bisa memberikan formulir pembuatan e-KTP sebanyak 10 lembar, jika ada kekurangan maka formulir tersebut bisa difotokopi. “Sampai saat ini, belum ada warga yang melapor telah berusia 17 tepat pada hari pemungutan suara. Namun, hasil akhirnya nanti dapat diketahui setelah proses pencoblosan selesai,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.