Antisipasi Karhutla, Karyawan Dilatih Kesigapan Gunakan Alat Pemadam Kebakaran di Kebun

0

MUSIM kemarau sudah sangat terasa. Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhulta), terutama di kawasan rawa gambut perlu disigapi dengan ketelatenan para relawan dan petugas pemadam kebakaran. Seperti yang dilakukan PT Agri Bumi Sentosa yang merupakan perusahaan group Gunta-Samba Indofood Group melaksanakan pelatihan dan penanggulangan kebakaran di Perkebunan Wanajaya, Kabupaten Barito Kuala.

SETIAP estate atau perkebunan, para karyawan PT Agri Bumi Sentosa dilatih kesigapan, mengingat musim kemarau telah terasa dan sangat rawan dengan kebakaran hutan dan lahan. “Kami meminta agar seluruh karyawan khususnya di estate siap siaga mengantisipasi kebakaran hutan dan lahan. Termasuk, melakukan inventarisir alat pemadam kebakaran agar berfungsi dengan baik,” ucap Manager W1 PT Agri Bumi Sentosa, Huzairi kepada jejakrekam.com, Sabtu (9/6/2018).

Begitupula, Legal AM Dedy Koco Susilo berharap agar masyarakat yang berdekatan dengan areal perkebunan PT Agri Bumi Sentosa bisa bahu membahu mencegah dan menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Barito Kuala. “Ingat, ancaman bagi para pelaku yang terbukti bersalah melakukan pembakaran hutan dan lahan adalah minimal lima tahun. Kami juga akan terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian, Koramil dan BPK setempat untuk memastikan keamanan kawasan itu,” ucapnya.

Sedangkan, Danramil Rantau Badauh- Barambai Kapten Caj Muhtadi berharap agar perusahaan proaktif untuk menggelar latihan penanggulangan, sehingga petugas dan karyawan sudah sigap dan siap ketika musibah kebakaran lahan dan hutan benar-benar terjadi di lapangan. “Semua itu juga bisa terjaga jika terjadi sinergitas antara masyarakat dengan pihak perusahaan,” tandasnya.(jejakrekam)

 

Penulis Asyikin
Editor Didi GS

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.