Sampah Kiriman Kabupaten Banjar Serbu Banjarmasin

0

TAGLINE Banjarmasin Baiman atau barasih wan nyaman yang kerap digaungkan duet Ibnu Sina dan Hermansyah rupanya masih berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada di lapangan.

SAAT ini masih banyak dijumpai sampah yang bertebaran dan baunya pun sangat menyengat hidung. Padahal, Pemerintah Kota Banjarmasin sudah berusaha dengan berbagai macam cara mensosialisasikan tentang sampah itu sendiri. Ini bisa kita jumpai saat melintas tempat pembuangan sampah yang berada di kawasan Jalan Veteran dan sekitarnya. Tumpukan sampah memanjang hingga menutupi separuh ruas jalan.

Terkait dengan sampah yang berada di kawasan Jalan Veteran tersebut, Kabid Kebersihan Lingkungan Hidup Kota Banajrmasin, Maflani berkilah bukan hanya warga Banjarmasin yang membuang, tapi juga sampah dari masyarakat yang berada di Kabupaten Banjar yang membuang di wilayah tersebut. “Itu kan berbatasan dengan dengan Kabupaten Banjar, sehingga setiap harinya sampah yang berada di kawasan tersebut mencapai 15 ton,” jelas dia kepada jejakrekam.com, Kamis (25/1/2018).

Menurut Maflani  masih ada masyarakat yang seenaknya membuang sampah pada siang hari. Padahal jadwal untuk membuang sampah sudah kami atur sesuai dengan Peraturan Daerah Nomor 21 Tahun 2011, dimana waktu membuang sampah mulai pukul 20.00 Wita hingga 06.00 Wita,” katanya.

Maflani menambahkan kendati sudah ada petugas yang berjaga di TPS pada siang hari, namun saat mereka istirahat banyak masyarakat memanfaatkan moment tersebut untuk membuang sampah. “Mereka yang membuang sampah di TPS seperti main kucing-kucingan dengan petugas.  Padahal, ada sanksi bagi masyarakat yang kedapatan membuang sampah pada siang hari,” tegasnya.

Upaya menyadarkan masyarakat dengan melakukan sosialisasi pun kerap meraka lakukan, tinggal diperlukan kesadaran dari masyarakat untuk bisa menjaga kebersihan lingkungan. “Ada 126 buah TPS di lima kecamatan di Banjarmasin. Makanya, semua tergantung kepada masyarakat agar memiliki rasa kesadaran dalam menjaga kebersihannya,” papar Maflani.(jejakrekam)

Penulis : Asykin

Editor   : Fahriza

Foto     : Asykin

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.