Pelindo III Resmikan Klinik K3 dan First Aid di Banjarmasin

0

KOMITMEN PT Pelindo III Cabang Banjarmasin untuk menekan angka kecelakaan kerja dilingkungan usahanya terus dilakukan. Salah satunya yang terbaru, adalah dengan menyediakan Klinik K3 dan First Aid di lingkungan Peti Kemas Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“HADIRNYA Klinik K3 dan First Aid ini kami harapkan tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh pegawai Pelindo saja. Namun juga semua pengguna jasa Pelabuhan lainnya yang menjadi Mitra Pelindo,” ucap Perwakilan Direksi Pelindo III Toto Helianto saat peresmian Klinik K3 dan First Aid, kepada wartawan, Selasa (7/11/2017).

Bukan hanya bisa melakukan penanganan pertama kecelakaan kerja, klinik ini nantinya juga direkomendasikan untuk dapat mengecek kesehatan setiap pekerja dilingkungan peti kemas sebelum memulai pekerjaannya.

“Khususnya untuk operator alat berat hingga driver, sebelum memulai pekerjaan, akan kita arahkan ke klinik terlebih dahulu untuk melakukan Chek up rutin. Kalau kondisinya fit tentu boleh bekerja, kalau tidak direkomendasikan untuk istirahat,” tuturnya.

Hadirnya Klinik K3 dan First Aid sendiri di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, adalah yang ketiga setelah terlebih dahulu dibuat di pelabuhan Tanjung Perak dan Semarang.

“Kita akan buat lagi dalam waktu dekat di Gresik dan Benoa. Hal ini tentunya agar pelabuhan dibawah Pelindo III, standar K3nya sesuai dengan Peraturan Mentri Tenaga Kerja,” tambahnya.

Sementara itu, salah satu pengguna jasa di pelabuhan Trisakti Banjarmasin Djumadri Masrun mengapresiasi hadirnya Klinik K3 dan First Aid. Apalagi katanya, juga bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengguna jasa pelabuhan, tak terkecuali para buruh.

“Ini kan tentu kalau terjadi hal tak diinginkan, misalnya kecelakaan kerja, bisa dimanfaatkan. Utamanya untuk memberikan pertolongan pertama pada korban dan menekan angka kematian,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Economics

Editor   : Afdi Achmad

Foto     :  Istimewa

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.