GMPK Perangi Korupsi dan Awasi Keuangan Daerah

0

RESMI dilantik dan disahkan serta dikukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi(GMPK) Kalsel oleh Ketua Umum GMPK Irjen Pol (Purn) DR Bibit Samad Rianto MM.

BIBIT Samad Rianto menilai, pemerintah daerah di Kalsel sangat berharap peran serta masyarakat, terutama GMPK bisa menjadi mitra kerja dalam memerangi korupsi. “Ini penting agar setiap anggaran yang dikucurkan pemerintah bisa dimanfaatkan dengan baik bukan sebaliknya. Ya, sangat penting sinergi di semua sektor yang bersentuhan langsung kepada masyarakat,” beber Bibir Samad Rianto yang juga mantan komisioner KPK RI kepada wartawan, usai melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi(GMPK) Kalsel di aula Serba Guna Universitas Lambung Mangkurat Jalan Hasan Basri Kayutangi Banjarmasin, Rabu (8/11/2017)

Senada itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yakin kehadiran GMPK mampu memberikan kontribusi pengawasan  anggaran yang kini telah disalurkan pemerintah untuk pembangunan di Kalsel. “Kami berharap peran serta masyarakat untuk bisa memberikan kontribusi dalam pengawasan,agar anggaran yang dikucurkan bisa dimanfaatkan dengan baik bukan sebaliknya,”ungkap Gubernur Kalsel-H Sahbirin Noor.

Dia mengaku persoalan korupsi ini pasti memberikan dampak yang tidak baik bagi kita semua termasuk menghambat pembangunan. “Jadi keberadaan GMPK ini sangat vital sekali guna menjadi wadah ketika ada hal yang perlu diselesaikan terutama terkait penyelewengan anggaran pemerintah,” tandas paman Birin panggilan akrabnya.

Apalagi, sambung paman Birin, kalau dilihat kepengurusannya merupakan jempolan di bidang masing-masing dan syarat pengalaman baik sebagai advokat,praktisi, dosen,tokoh masyarakat dan lainnya. “GMPK ini bisa menjadi wadah dalam menyampaikan setiap informasi terkait penggunaan anggaran negara,termasuk edukasi dan solusinya,” pinta politisi Golkar ini.

Masalah korupsi ini menjadi hal yang sangat krusial yang perlu kiranya keterlibatan masyarakat dalam memerangi korupsi tersebut,apalagi dimana saja potensi korupsi ini bisa saja didapat sehingga kejelian diperlukan agar bisa menghindari perilaku korupsi ini.

Ketua Panitia H Dudung A Sani SH menyatakan, GMPK di Kalsel mengedepankan pendekatan persuasive dalam menjalankan tugasnya, termasuk melakukan pengawasan anggaran pembangunan di Kalsel. “Saya berterima kasih, sebab GMPK sangat mendapat dukungan dari masyarakat, termasuk para tokoh seperti Sultan H Khairul Saleh (mantan bupati), Dr HA Murjani (aktivis), H Noor Aidi (mantan bupati), H Hermansyah (Wakil Walikota Banjarmasin),” beber Haji Dudung panggilan akrabnya.

Mereka yang dikukuhkan yakni Bujino K Salan (Ketua), H Dudung A Sani (Wakil Ketua), Harisman Rachman (Sekretaris), Dr H Busyairi (Bendahara) serta pengurus lainnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi Achmad

Editor   :  Afdi Achmad

Foto     : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.