Panitia Hewan Kurban Diimbau Jaga Kebersihan Penyembelihan

0

KEPALA Bidang Kebersihan dan Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin H Maflani menghimbau panitia penyembelihan hewan kurban untuk tidak membuang sampah di sungai. “Ya, sebaiknya kumpulkan sampah pada tempat yang tersedia, baru nanti dibuang ke tempat pembuangan sampah,” ucap Maflani saat dikonfirmasi, Selasa (29/08/2017).
Menurutnya, sungai menjadi salah satu tempat objek wisata, yang giat-giatnya dipublikasikan. Karena itu, jangan sampai sungai dikotori oleh sampah hasil penyembelihan kurban.
“Sungai masih digunakan warga kita sebagai mandi, mencuci pakaian, dan lainnya. Kalau sungai kotor, tentu tidak nyaman,” tandasnya.
Apalagi seperti lambung atau kotoran dalam usus, biasa dibuang ditempat khusus, dan bukan dibuang sungai.
“Kami tetap melakukan pemantauan terhadap sampah penyembelihan hewan kurban di Kota Banjarmasin. Agar kebersihan tetap terjaga,” imbuhnya.
Di tempat terpisah, Ketua Majelis Taklim Nur Arina Din Jaya selaku penerima hewan kurban dari PDAM Bandarmasih menuturkan, pihaknya akan melakukan penyembelihan hewan kurban di Gang Cenderawasih Jalan Kelayan A Banjarmasin.
Tentu, sambung Din, pihaknya akan menjaga kebersihan penyembelihan hewan kurban pada Jumat 1 September 2017. “Sampah hasil penyembelihan kurban kami buang di tempat sampah dan ada panitia yang ditunjuk untuk bertugas membuangnya. Dan kami hanya menyembelih 2 sapi kurban saja. Jadi tidak banyak sampah,” imbuhnya. (jejakrekam)

Penulis : Tim Jejak
Editor    : Afdi Achmad
Foto      : Istimewa

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.