Bisnis Properti Lesu, Citra Land Lirik Tanah Kavling

0

LESUNYA bisnis perumahan mewah akibat pelambatan ekonomi dan rendahnya daya beli masyarakat, akhirnya membuat manajemen Citra Land di bawah bendara Ciputra Group ini mulai melirik bisnis tanah kavling dalam program pengembangan usaha.

HEAD of City Management Citra Land Banjarmasin,Stefanus Marianto melihat prospek bisnis properti yang menjanjikan di Kalimantan Selatan, kini beralih ke penjualan tanah kavling dibandingkan perumahan.

“Kecendrungan masyarakat Banua sekarang jika membeli properti, lebih menyukai membangun secara eksklusif sesuai kebutuhan. Jadi ketimbang membeli rumah, mereka lebih menyukai membeli tanah saja, agar bisa membangun sesuai kehendak mereka,” kata Stefanus Marianto kepada jejakrekam.com, di Banjarmasin, Jumat (20/7/2017).

Untuk menangkap peluang itu, Citra Land akan turut bermain di pasar tanah kavling dengan  menambah variasi jualan property bersama tanah kavling. “Tahap awal, kami sediakan di kawasan Citra Mitra City di Banjarbaru. Luasnya sekitar 160 meter per segi dengan harga jual tunai di kisaran Rp 288 juta per kavling,” katanya.

Menurut Stefanus, jika nantinya penjualan tanah kavling ini lebih menarik pembeli, maka bisa dikembangkan di kawasan lainnya seperti di Komplek Perumahan Citra Land dan Citra Garden di Kabupaten Banjar.”Kami optimistis tanah kavling bisa ikut mendongkrak penjualan properti kita. Selain harganya yang lebih murah, dari sisi nilai investasi  pun terus naik 20-30 persen tiap tahun,” ungkapnya.

Terkait penjualan perumahan mewah yang melekat dalam bisnis properti Ciputra, Stefanus tak menepis hingga pertengahan Juli 2017, terjadi stagnansi.“Kalau pun ada yang dijual, masih mengandalkan stok lama. Kami belum berani berspekulasi gencar membangun perumahan tipe baru, dengan kondisi daya beli masyarakat yang rendah dan ekonomi Kalsel yang belum stabil sekarang, tentunya masyarakat harus berpikir dua sampai tiga kali terlebih dahulu sebelum memutuskan membeli jenis perumahan menengah atas untuk investasi,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis : Afdi NR

Editor   : Didi G Sanusi

Foto     : Citra Mitra Banjarbaru

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.