Sebuah Kebanggaan, KRI Banjarmasin Pulang Kampung

0

TARIAN Radap Rahayu disuguhkan ketika KRI Banjarmasin bersandar di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, Senin (3/7/2017) siang dalam prosesi penyambutan. Dilanjutkan dengan upacara pengalungan bunga oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky I.Z. Dipura kepada Komandan KRI Banjarmasin 592, Letkol Laut (P) Stanley Lekahena MTr.Hanla di Dermaga Pelindo Trisakti.

KAPAL perang bernomor lambung 592 milik TNI AL ini merupakan kapal ke-3 jenis LPD buat PT PAL Indonesia, berbeda dengan dua kapal jenis ini sebelumnya dibuat di Daesun Shipbuildings & Engineering Co. Ltd, Korea Selatan dirancang sebagai kapal pendukung operasi amfibi, yang memiliki kemampuan mengangkut pasukan pendarat berikut kendaraan tempur beserta kelengkapannya bersandar di Pelabuhan Banjarmasin. Mereka direncanakan membawa pasukan Yonif Antang Sampit asal Kalimantan Tengah.

Ada 650 personil yang akan diangkut KRI Banjarmasin untuk program pergeseran pasukan Yonif 631 Palangkaraya/Kodam XII Tanjungpura tujuan Jakarta Kolinlamil. Kedatangan kapal perang ini pun disambut Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky I.Z. Dipura didampigi seluruh perwira Lanal Banjarmasin. Tampak pula, Danlanud Syamsudin Noor Letkol Pnb Abdul Haris, Dandim 1007 Banjarmasin Letkol Inf Wilson Napitupulu, Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, Ketua DPRD Banjarmasin Iwan Rusmali, Dirpolairud Polda Kalsel Kombes Pol Gatot Wahyudi, KA. KSOP Banjarmasin M Taqwin Masuku, KA KPPP Banjarmasin Kompol Fihi,  Kepala Pelindo Banjarmasin Fariz Hariyoso dan Kepala Bea Cukai Banjarmasin Hanwan B, dalam prosesi penyambutan kapal yang memasang nama ibukota Provinsi Kalimantan Selatan ini.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina pun mengaku bangga karena KRI Banjarmasin pulang kampung, sehingga layak untuk disambut dengan gembira. Sebab, nama Banjarmasin yang ada di lambung kapal menunjukkan sebuah kebanggaan bagi rakyat Kalimantan Selatan atas penghargaan Pemerintah Republik Indonesia, khususnya TNI AL.

Untuk melihat kondisi kapal tersebut, Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Oky IZ Dipura pun mempersilahkan masyarakat datang beramai-ramai ke Dermaga Pelindo Banjarmasin. “Beberapa hari ke depan, kapal ini akan open ship dan terbuka untuk umum, sehingga warga bisa melihat secara langsung KRI Banjarmasin,” ujarnya.(jejakrekam)

Penulis : Iman Satria

Editor   : Fahriza

Foto      : Iman Satria

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.