86 Lampu Solar Sel Siap Terangi Loksado

0

JALAN menuju objek wisata Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) cukup sempit. Hanya pas untuk dua mobil berlintasan. Hal ini menjadi salah satu kondisi mengapa Kawasan Loksado kurang diminati banyak wisatawan. Padahal, keindahan alamnya sangat menjanjikan.

LOKSADO saat ini sudah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN). Status itu tidak akan ada artinya jika fasilitas penunjang tidak dipenuhi Pemerintah Provinsi Kalsel bersama pemerintah kabupaten setempat. Fasilitas penunjang ke kawasan tersebut perlu ditingkatkan. Baik itu jalan, marka, penunjuk jalan, penerangan hingga terminal.

Untuk penerangan jalan disertai dengan marka sudah pasti dibangunkan pada tahun ini oleh Dinas Perhubungan Kalsel. Ada beberapa penerangan jalan umum (PJU) yang akan dipasang di kawasan wisata itu. “Sudah kita siapkan PJU di kawasan seputaran objek wisata Loksado. Ini dalam rangka menunjang destinasi wisata,” kata Kadishub Kalsel, Rusdiansyah kepada jejakrekam.com, Selasa (6/6/2017).

PJU yang akan dibangunkan tersebut menggunakan tenaga surya atau solar sel. Alasan pemilihan solar sel memang mendasar karena hampir di sepanjang jalan menuju Loksado tidak ada suplay listrik. “Untuk proses pelaksanaan saat ini dalam tahapan lelang. Totalnya tahun ini ada 86 unit PJU yang kita pasang untuk menunjang tempat wisata,” ujarnya.

Namun hal ini berbeda dengan sektor perhubungan, sektor pekerjaan umum justru tidak masuk anggaran. Sehingga infrastruktur jalan menuju Loksado tahun ini tak ada peningkatan. Karena belum ada anggaran yang tersedia. Alokasi anggaran di Dinas PU Kalsel masih fokus pada perawatan jalan yang sudah rusak.

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira menjelaskan, tahun ini yang masuk perencanaan untuk pariwisata masih di sektor perhubungan. Untuk PU, beber dia, , kemungkinan akan masuk pada tahun depan. “Arah pembangunan memang ke pariwisata. Tapi tahun ini yang masuk perencanaan baru penerangan jalan, kemungkinan tahun depan kita masukan dalam usulan untuk peningkatan jalan menuju Loksado,” imbuh Fajar.(jejakrekam)

Penulis  : Wan Marley

Editor    : Fahriza

Foto      : Otodriver

 

 

 

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.