Mau Informasi Pemilu, Ada Rumah Pintar Benteng Tundakan di Paringin

0

DEMI menggenjot angka partisipasi pemilih dan edukasi dalam kepemiluan, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Balangan membuat Rumah Pintar Benteng Tundakan sebagai sarana media sosialisasi terkait even pesta politik lokal dan nasional.

RUMAH pintar pemilu yang berlokasi di kantor KPUD Balangan ini langsung diresmikan Bupati Ansharuddin, Kamis (27/4/2017) di Paringin, didampingi Ketua KPUD Kalimantan Selatan DR Samahuddin Muharram, serta Kapolres Balangan AKBP Moh Zamroni, perwakilan Dandim 1001 Amt-Balangan yang diwakili Danramil Paringin, Kapten Mahmud Dalle dan unsur pimpinan partai politik di kabupaten itu. Kegiatan itu juga ditandai dengan penandatanganan prasasti peresmian Rumah Pintar Benteng Tundakan sekaligus rumah pintar yang tersebar di kecamatan yang ada di Bumi Sanggam.

Ketua KPUD Balangan, Usman menerangkan pembangunan rumah pintar pemilu di Balangan ini, bersamaan dengan daerah lainnya di Kalimantan Selatan, seperti Kabupaten Barito Kuala, Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. “Rumah pintar ini kami harapkan bisa menjadi wadah pengetahuan untuk para masyarakat terutama mempelajari proses pemilu yang dengan sasaran pemilih utama,” ucap Usman kepada wartawan.

Sementara itu, Bupati Balangan H Ansharuddin mengaku sangat senang dengan terobosan KPU dengan membuat rumah pintar pemilu, sehingga bisa menjadi wahana pendidikan bagi masyarakat dalam menggunakan hak suaranya. “Pendidikan politik bagi masyarakat menjadi sebuah keharusan bagi KPU. Ini agar pemilu yang selama ini dianggap tak begitu penting, bisa diluruskan,” ujar Ketua DPD Partai Golkar Balangan ini.

Ia mengatakan sebenarnya angka partisipasi Pemilu 2014 dan Pilkada 2015 lalu di Balangan cukup tinggi, mencapai 80 persen. “Dengan adanya rumah pintar pemilu ini, partisipasi masyarakat dalam pemilu bisa semakin tinggi lagi,” katanya.

Sedangkan, Ketua KPUD Kalimantan Selatan DR Samahuddin Muharram mengungkapkan hampir seluruh Indonesia telah membuat rumah pintar pemilu. “Ya, sudah ada 80 persen KPU tingkat provinsi seluruh Indonesia membuat rumah pintar pemilu. Rumah pintar pemilu ini ditujukan kepada masyarakat, mahasiswa dan partai politik untuk menggunakan sarana yang ada di rumah pintar pemilu untuk mencari informasi dan sumber kepemiluan yang ada di Indonesia,” kata dosen FISIP Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis   : Sugianoor

Editor     : Didi G Sanusi

Foto       : Sugianooor

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.