Cegah Peredaran Narkoba, Nasdem Bantu BNN Siap Terjunkan Relawan

0

LANGKAH pencegahan peredaran gelap narkoba di Banua, menjadi topik hangat ketika Ketua DPW Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Kalimantan Selatan, Guntur Prawira dengan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalsel, Kombes Pol Marsauli Siregar di Aula BNN Kalsel di Jalan DI Panjaitan, Banjarmasin, Kamis (20/4/2017).

DI HADAPAN Guntur Prawira bersama jajaran pengurus DPW Partai Nasdem Kalsel, Marsauli Siregar membeberkan bahwa masalah narkoba yang menjerat warga Kalimantan Selatan kebanyakan dipicu akibat kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan sosial yang sangat mencolok.

“Inilah tantangan sekaligus ancaman kejahatan narkoba dengan geografis terbuka dan menyebar secara massif. Bahkan, dalam sisi demografis sangat besar  sudah mencapai 250 juta jiwa hingga peredaran gelap narkoba dengan target anak-anak. Jadi, narkoba sudah menyasar seluruh kalangan,” ujar Marsauli.

Menurutnya, berdasar hasil penelitian setiap hari rata-rata terdapat 33 orang meninggal dunia akibat narkoba dengan berbagai modus operandi, sistem penegakkan hukum yang masih lemah, kemudian lembaga pemasyarakatan bertransformasi menjadi pusat kendali peredaran narkoba. “Total kerugian dari peredaran gelap narkoba itu sudah mencapai Rp 63,1 triliun, termasuk biaya privat dan sosial yang ditanggung masyarakat Indonesia,” tutur Marsauli. Termasuk, Kalimantan Selatan berdasar hasil penelitian dari Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes) Universitas Indonesia dan BNN menyebut Kalimantan Selatan berada di urut ke-17 dari 34 provinsi di Indonesia, dalam kasus penyalahgunaan narkoba.

Sedangkan, Ketua DPW Partai Nasdem Kalsel, Guntur Prawira juga mengakui peredaran narkoba sudah merambah ke pelosok pedesaan. Untuk itu, menurut dia, perlu digalakkan kembali penyuluhan untuk pencegahan narkoba. “Kami ingin membantu BNN dalam pencegahan narkoba di Kalsel,” kata Guntur.

Untuk itu, menurut dia, Partai Nasdem akan menyiapkan relawan dalam rangka sosialisasi pencegahan narkoba kepada masyarakat luas, mahasiswa, pelajar, dan lainnya. “Kami menggalakkan sosialisasi pencegahan dengan BNN di Kalsel,” kata alumni Lemhanas ini.

Ia menerangkan rencananya pada pertengahan Mei 2017 akan dimulai realisasi dengan pembentukan relawan, sekaligus menggelar Rapat Kerja Partai Nasdem se-Kalimantan Selatan.(jejakrekam)

Penulis   : Afdi NR

Editor    :  Didi G Sanusi

Foto       :  Afdi NR

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.