Jalan Jadi Kubangan,Warga Yos Sudarso Tanam Pisang dan Tebar Benih Ikan

0

AKSES jalan yang selama ini dibiarkan menjadi kubangan lumpur dan tak kunjung diperbaiki instansi berwenang, membuat puluhan warga dan sejumlah pekerja di Jalan Yos Sudarso, Komplek Air Mantan, Kelurahan Telaga Biru, Banjarmasin Barat, Rabu (19/4/2017) secara spontan turun ke jalan.

MEREKA menggelar demonstrasi untuk menuntut perbaikan jalan yang berada dekat dengan kawasan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin itu. Sebagai sindiran kepada pemerintah yang terkesan tutup mata dengan kondisi jalan yang sudah rusak parah, aksi tanam pohon pisang dan menebar benih ikan nilai di atas kubangan berair dilakoni warga.

Dalam aksinya, berbagai poster bertuliskan “Jalan Kami Rusak, Kayapa Kami Begawe”, “Baikiakan Jalan Kami” dan lainnya ditujukan kepada pemerintah daerah agar segera memperbaiki jalan yang sudah lama rusak parah itu.

“Kami minta diperbaiki, bagaimana jalan selalu rusak?, sedang kendaraan berat berangkutan di pelabuhan setiap hari lalu lalang, tentu sangat mengganggu aktivitas transportasi untuk kepentingan masyarakat,” ucap Didin, perwakilan warga Jalan Yos Sudaro, di sela demonstrasi sponitas tersebut.

Menurutnya, tak hanya tanggung jawab pemerintah, ada juga jalan yang becek menjadi tanggungjawab PT Pelindo III Banjarmasin. “Kami juga butuh perhatian PT Pelindo III agar jalan segera diperbaiki, terutama di pertigaan kantor pos dan depan warung MA Haji Jalan Lumba-lumba dekat gudang ekspedisi Lintas Jawa Group,” kata Ketua RT 34 Kelurahan Telaga Biru, Muhammad Noor, yang memastikan bahwa aksi warga ini spontanitas pada Rabu (19/4/2017).

Menurutnya, banyak ibu-ibu yang terlambat mengantar anak-anak ke sekolah, akibat sering terhambat dengan jalan rusak. “Ada juga yang menjadi korban kecelakaan jalan rusak,” tambah tokoh masyarakat RT 34 Kelurahan Telaga Biru, Ardiansyah yang mengakui sudah 2 tahun lebih jalan mengalami kerusakan.

Ia mengatakan warga sudah mengajukan permohonan perbaikan ke Kelurahan Telaga Biru, bahkan sudah dibicarakan secara serius. “Ya, kondisi jalan ini rusak juga akibat kurang bagus drainase, sehingga terjadi penyumbatan, yang berakibat air naik dan sering tergenang air saat musim hujan seperti sekarang,” kata Ardiansyah.(jejakrekam)

Penulis    : Afdi NR

Editor      : Didi G Sanusi

Foto         : Afdi NR

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.