Balangan Membudaya Meriahkan Pesta Dirgahayu Bumi Sanggam ke-14

0

RANGKAIAN acara yang penuh nuansa budaya lintas etnis disajikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dalam karnaval di pusat-pusat Kota Paringin. Karnaval budaya serta atraksi seni yang beragam turut memeriahkan peringatan Hari Jadi Kabupaten Balangan ke-14 yang memisahkan diri dari induknya, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) setiap tanggal 8 April.

SEBELUM puncak acara yang akan diperingati pada Sabtu (8/4/2017), atraksi seni seperti karnaval bertajuk Balangan Membudaya dan Balangan Expo dibuka pada Selasa (4/4/2017). Karnaval budaya yang berpusat di Kota Paringin benar-benar menjadi tontonan menarik ribuan warga Bumi Sanggam. Mereka tumpah ruah memadati ruas-ruas jalan protokol di ibukota Kabupaten Balangan.

“Dalam karnaval budaya ini, setiap peserta dibebaskan untuk memakai kostum apa saja. Ya, sekreatif mungkin asalkan tak lepas dari seni budaya lokal,” ujar Ketua Panitia Balangan Membudaya, Ansari Asthami kepada wartawan di Paringin, Selasa (4/4/2017).

Dalam Balangan Membudaya itu dipertandingkan berbagai lomba seperti bercerita kategori pelajar semua tingkatan sekolah dan guru, lomba baca puisi, lomba busana, lomba menggambar, lomba nyanyi lagu daerah Balangan, lomba fotografi, seminar kepemudaan kearifan lokal, festival kreativitas anak hingga pameran pustaka.

“Tentu saja, tak ketinggalan adalah panggung hiburan rakyat seperti teater, pembacaan puisi serta musik daerah,” ujar pegawai negeri sipil (PNS) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Balangan ini.

Untuk Balangan Expo 2017 sendiri dipusatkan di Terminal Paringin yang telah disiapkan 101 stand yang diisi satuan organisasi perangkat daerah (SOPD), instansi vertikal, swasta dan sekolah. Mereka masing-masing memamerkan produk unggulannya. “Semua produk yang dipamerkan di Balangan Expo ini merupakan hasil kerajinan tangan seperti anyaman hingga kuliner khas Bumi Sanggam,” ujar Ketua Panitia Balangan Expo, Rusdiana.(jejakrekam)

Penulis  : Sugianoor

Editor    : Didi G Sanusi

Foto       : Anang Misran

 

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.