Tanpa Pemberitahuan, Pemadaman Listrik PLN Disesalkan YLK Kalsel

1

PEMADAMAN aliran listrik yang dipasok Perusahaan Listrik Negara (PLN) mendadak bahkan hampir tiap malam, terhitung sejak Minggu (26/2/2017) hingga Rabu (1/3/2017) dipertanyakan Yayasan Perlindungan Konsumen (YLK) Kalimantan Selatan.

KETUA YLK Kalimantan Selatan MN Hasby Mahbara menilai pemadaman listrik yang tak terjadwal itu jelas-jelas merugikan para pelanggan perusahan setrum milik negara itu. “Keluhan dan pengaduan yang disampaikan warga ke YLK atas kinerja PLN Kalimantan Selatan dan Tengah ini cukup banyak. Hal ini harus jadi perhatian PLN dalam meningkatkan pelayanan publik. Sebab, sekarang listrik sudah menjadi kebutuhan primair bagi warga,” ujar Hasby Mahbara di Banjarmasin, Rabu (1/3/2017).

Anehnya, beber Hasby, PLN tak terbuka apa yang menjadi penyebab pemadaman listrik yang berlangsung cukup lama, khususnya di malam hari. Ia mengingatkan jika pelayanan PLN semacam ini terus berlangsung lama, maka yang dirugikan adalah para pelanggannya.

“Kami sudah mencatat beberapa kali pemadaman berlangsung di wilayah Kalimantan Selatan, terkhusus Banjarmasin. Ini menjadi sebuah catatan buruk dalam kinerja PLN yang selalu menjanjikan menjamin pasokan listrik di daerah tetap terjaga,” ucap Sekretaris Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) HAPI Kalsel ini.

Mantan panitera Pengadilan Negeri Martapura ini mengatakan jika PLN terus menerapkan kebijakan pemadaman listrik, justru bisa merusak citra perusahan yang memiliki kewenangan monopoli setrum di Indonesia itu. “Bahkan, peluang warga untuk menggugat PLN bisa terbuka, jika perusahaan ini terus tak segera memperbaiki kinerjanya,” ucapnya.

Sementara itu, dari rilis yang dikirim Humas PT (Persero) PLN Kalselteng diberitahukan adanya pemeliharaan jaringan listrik yang dilakukan tim terpadu dari Area PLN Banjarmasin. Dari tindakan pemeliharaan itu membuat pasokan listrik di beberapa wilayah di Kalimantan Selatan, terganggu.

Sejak Rabu (1/3/2017), pukul 09.00 hingga 15.00 Wita terjadi pemadaman listrik di area Banjarbaru melingkupi Sungai Salak, Pembatuan, Trikora, Guntung Harapan, Batu Besi, Novotel Banjarbaru dan seterusnya. Kemudian, di area Marabahan mencakup kawasan Trans Kalimantan, Ujung Panti, Sungai Lumbah, Puntik, PT Global Aria Borneo dan kawasan lainnya. Selanjutnya, area Gambut yang alirannya listriknya padam menyebar di kawasan Aluh-Aluh, Simpang Warga, Bakambat, Bunifah dan seterusnya. Sedangkan untuk area pelayanan di Banjarmasin, mencakup Banjarmasin Timur, Tembus Mantuil, Komplek Bumi Lingkar, Antasan Bondan dan seterusnya, hingga area Martapura menyasar kawasan Tunggul Irang, Astambul, Pasar Jati, Danau Salak, Bawahan Selan dan kawasan lainnya.

“Kami beritahukan apabila di tengah perbaikan jaringan listrik terjadi cuaca ekstrim, maka pekerjaan akan ditunda dengan durasi pemadaman listrik yang sama. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini,” tulis Humas PLN Kalselteng Area Banjarmasin.(jejakrekam)

Penulis  : Didi GS

Foto      : Didi GS

 

 

 

1 Komentar
  1. reja berkata

    Sy mau ganti kilometer yg lm sm yg baru atau pakai pulsa tp saya sudah melaporkan nya dikantor pln banjarmasin timur tp tdk ada pelayanan yg baik mungkin karna saya tidak mau kasih uang

    Sy berharap tdk ada pungli di pln

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.