Hanya Shalat Zuhur, Jamaah Masjid Noor Panjatkan Doa Corona Segera Berlalu

0

USAI memasang spanduk kuning bertuliskan pemberitahuan pelaksanaan shalat Jumat ditiadakan sampai batas waktu belum ditentukan di depan pintu masuk utama Masjid Noor Banjarmasin, Jalan Pangeran Samudera, Jumat (27/3/2020), ternyata jamaah tetap berdatangan.

HANYA saja, mereka tak menggelar shalat Jumat yang menghimpun banyak orang, bahkan biasanya meluber hingga ke ruas jalan. Pengumuman ini hasil kesepakatan antara Badan Pengurus Masjid Noor Banjarmasin, saat didatangi Walikota Ibnu Sina bersama Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan dan pejabat lainnya.

Sempat terjadi diskusi dengan Ustadz Alfian Noor, perwakilan pengurus Masjid Noor, hingga akhirnya disepakati shalat Jumat ditiadakan sementara waktu demi mencegah merebaknya virus Corona.

BACA : Cairan Disinfektan Disemprot, Pedagang Pasar Sudimampir Raya Dan Pasar Baru Langsung Tutup Toko

Begitu azan dikumandangkan, puluhan jamaah tetap mendatangi masjid yang berada di kawasan pasar tersibuk di Banjarmasin ini. Namun, jumlah jamaah tak sebanyak ketika menggelar shalat Jumat.

Salah satu pengurus Masjid Noor, H Abdul Hakim mengakui jumlah jamaah tak sebanyak saat shalat Jumat, karena hanya dilaksanakan shalat Zuhur berjamaah.

“Ya, kalau dihitung tidak sampai 40 orang. Kami juga mendukung imbauan dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalsel serta kebijakan dari pemerintah,” ucap H Hakim kepada jejakrekam.com, Jumat (27/3/2020).

Menurut dia, dengan mengurangi masyarakat berkumpul di satu tempat, tentu bisa mencegah peredaran virus Corona, karena kawasan pasar merupakan wilayah yang banyak menghimpun orang.

“Kita berdoa semoga wabah Corona ini segera berlalu, sehingga masyarakat bisa hidup normal kembali. Tentu saja, jalannya peribadahan pun bisa kembali seperti sediakala. Kita juga berdoa agar tim kedokteran bisa mengatasi wabah ini, dan terus diberikan kesehatan,” kata H Hakim.

BACA JUGA : Tanpa Beralaskan Sajadah, Masjid Noor Masih Dipadati Jamaah

Andriansyah, salah satu jamaah Masjid Noor pun setuju dengan pengurangan jamaah di masjid, demi mencegah Corona. Menurut dia, yang bisa dilakukan sekarang adalah berupaya dengan mengurangi berkumpul dengan orang banyak.

“Harapan kita ya semoga musibah ini segera berlalu. Indonesia khususnya Kalimantan Selatan dan Banjarmasin bisa terbebas dari wabah Corona ini,” ucapnya.(jejakrekam)

Penulis Sirajuddin
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.