Tiba dari Jakarta, Dinkes Minta 8 Anggota DPRD Tabalong Jalani Karantina Mandiri

0

TIBA dari Jakarta, usai kunjungan kerja (kunker), 8 anggota Komisi III DPRD Tabalong melakukan pemeriksaan kesehatannya di posko pencegahan dan penanggulangan Corona (Covid-19) di kantor Dinas Kesehatan (Dinkes) Tabalong, Tanjung, Kamis (19/3/2020).

JAKARTA sendiri termasuk wilayah yang telah terpapar virus Corona, bahkan sudah ada beberapa warganya positif terjangkit dan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tabalong, dr H Taufiqqurahman Hamdie mengungkapkan kedatangan 8 anggota dewan ini berdasar kesadaran diri mengecek kondisi kesehatan sekaligus memastikan tidak terpapar virus Corona.

“Mereka sebelumnya tiga hari berada di Jakarta. Sedangkan, Jakarta sendiri termasuk endemis virus Corona yang telah menyerang berbagai belahan dunia,” ucap Taufiqqurahman Hamdie kepada jejakrekam.com, Kamis (20/3/2020).

BACA : Satu Pasien dalam Pengawasan Covid-19 di RSUD Ulin Dinyatakan Meninggal Dunia

Ia meminta bagi masyarakat yang berpergian dan datang dari daerah endemik Covid-19 bisa meniru langkah yang dicontohkan para wakil rakyat. Dengan kesadaran diri untuk mengecek kesehatannya.

“Alhamdulullah, setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan, tidak ada dari mereka yang badannya demam. Semua suhu badan mereka dalam batas normal,” ucapnya.

Meski begitu, Taufiq menyarankan agar 8 anggota DPRD Tabalong ini melakukan karatina mandiri dengan membatasi diri  untuk bersosialisasi dengan orang lain.

“Selama 14 hari, kami sarankan mereka semua untuk membatasi diri bertemu orang banyak,” ujarnya.

Selama 14 hari tersebut, beber Taufiq, sebaiknya 8 anggota DPRD Tabalong itu hanya berada dalam rumah dan menjaga jarak dengan yang lain.

BACA JUGA : Usai Umrah, Tiga Pasien Suspect Corona Langsung Diisolasi RSUD Ulin

Ia juga mengimbaukepada seluruh lapisan yang melakukan perjalanan keluar daerah khususnya ke daerah yang telah terpapar virus Corona agar memeriksakan dirinya ke Posko Pencegahan dan Penanggulangan Corona di Dinas Kesehatan Tabalong.

Sementara, Ketua Komisi III DPRD Tabalong, H Supoyo mengatakan dirinya dengan beberapa orang anggota DPRD lainnya telah memeriksakan diri di posko.

“Alhamdulillah, hasil screening tadi menunjukkan hasil yang bagus, suhu badan kami juga dalam batasan normal dan tidak demam,” ujar politisi PDI Perjuangan ini.

Menurut Supoyo, Covid-19 ini sudah menjadi isu nasional dan perlu disikapi serius oleh pemerintah daerah. Ia pun mendukung langkah yang telah diambil Pemkab Tabalong dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19 di daerah.

“Kami juga mengimbau agar semua lapisan masyarakat Tabalong bisa aktif memeriksakan diri setelah bepergian keluar daerah. Dengan begitu, upaya pencegahan dan penanganan virus Corona bisa lebih efektif di daerah ini,” imbuhnya.(jejakrekam)

Penulis Herry Yusminda
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.