Tunggu Hasil Uji Laboratorium, Lima Pasien Masih Diisolasi di RSUD Ulin

0

LIMA pasien yang diduga suspect Covid-19 masih diisolasi pihak RSUD Ulin Banjarmasin. Hingga kini, Tim Gugus Tugas Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid 19 Kalimantan Selatan masih menunggu hasil uji laboratorium dari sampel darah ketiga pasien itu.

SEDANGKAN untuk dua pasien yang baru dirujuk ke rumah sakit rujukan penanganan virus Corona, masih dalam pengawasan ketat tim dokter RSUD Ulin Banjarmasin.

Hal ini dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan HM Muslim kepada awak media, usai rapat koordinasi lintas instansi di Kantor Pemprov Kalsel, Banjarbaru, Senin (16/3/2020).

BACA : Bertambah 2, Jumlah Pasien Dalam Pengawasan Covid-19 Di RSUD Ulin Menjadi 5 Orang

Juru bicara Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel ini mengungkapkan untuk hasil specimen laboratorium Litbangkes Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dari kelima pasien itu masih ditunggu, guna membuktikan apakah positif atau tidak terpapar virus Corona.

“Sampel darahnya masih diuji di Laboratorium Litbangkes, semoga bisa cepat keluar. Karena normalnya, empat hari baru bisa didapat hasilnya,” kata Muslim.

BACA JUGA : Antisipasi Pandemic Corona, Sebagian Kampus Di Banjarmasin Tiadakan Kuliah Tatap Muka

Menurut dia, karena banyaknya specimen yang harus diperiksa oleh Laboratorium Litbangkes, maka hasilnya tidak bisa didapat secara cepat berdasar standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku.

“Informasi terakhir, kondisi tiga pasien yang tengah diisolasi di RSUD Ulin sudah dalam keadaan stabil. Ya, bisa kita sebut KSP 01, 02, dan 03, karena kita menghormati kerahasian dan hak pasien,” tutur Sekretaris Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel ini.

Sedangkan, menurut Muslim, dua pasien lainnya masih dalam pengawasan tim dokter di RSUD Ulin. Menurut Muslim, kelima pasien itu juga ditelisik riwayat kunjungannya ke luar negeri, karena ketika tiba di Kalsel mengalami batuk, pilek dan demam.

Senada itu, Ketua Gugus Tugas P3 Covid-19 Kalsel, Abdul Haris Makkie menegaskan walau kelima pasien itu menjalani isolasi di RSUD Ulin, namun belum bisa ditetapkan positif terpapar virus Corona.

BACA JUGA : Syaifullah Minta Menkes Sediakan Alat Penguji Infeksi Covid-19 di RSUD Ulin

Sekdaprov Kalsel ini mengungkapkan kelima pasien itu tetap dalam pengawasan, namun bukan terjangkit Covid-19, sembari menunggu hasil uji Laboratorium Litbangkes Kemenkes.

“Jadi, status siaga darurat Covid-19 masih ditetapkan, sembari menunggu hasil uji laboratorium. Nah, kalau nanti, dari lima pasien itu, ternyata ada satu orang positif Covid-19, maka statusnya akan dinaikkan,” tandasnya.(jejakrekam)

Penulis Balsyi/ M Syaiful Riki
Editor Didi G Sanusi

Tinggalkan Komentar

Alamat email anda tidak akan disiarkan.